Selasa 18 Februari 2020, 09:45 WIB

Bupati Brebes Ingatkan Kades Berhati-Hati Kelola Dana Desa

Supardji Rasban | Nusantara
Bupati Brebes Ingatkan Kades Berhati-Hati Kelola Dana Desa

MI/Supardji Rasban
Bupati Brebes, Jawa Tengah, beri sambutan saat pelantikan Kades di Lapangan ASRI, Bumiayu, Brebes.

 

DANA Desa (DD) banyak disorot masyarakat karena kerap diselewengkan Kepala Desa (Kades). Karenanya, perlu selalu diingatkan agar para kades berhati-hati dalam mengelola DD.

Peringatan soal pengelolaan DD agar berhati-hati dan trasfaran tersebut disampaikan Bupati Brebes Jawa Tengah, Idza Priyanti saat melantik para Kades hasil Pilkades Serentak 2019, di Lapangan Asri Bumiayu, Kabupaten Brebes, Senin (17/2).

"Transparansi pengelolaan dana desa sebagai poin penting. Jangan sampai salah kelola yang bisa berimbas sampai diproses hukum terkait pengelolaan keuangan dan aset desa," ujar Idza.

Idza mencontohkan, transparansi yang dimaksud adalah dengan terbuka menyusun penggunaan DD kepada masyarakat. Bentuknya bisa dalam papan informasi penggunaan yang terpampang di Balai Desa.

Baca juga: Polres Pati Temukan Tempat Prostitusi Memanfaatkan Rumah Warga

"Masyarakat banyak mengeluh tentang transparansi DD. Seperti tidak adanya papan proyek atau pengelolaan dana desa yang terpampang," ucap bupati.

Adapun Kades yang dilantik sebanyak 36 orang berasal dari Kecamatan Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Sirampog, Bumiayu dan Kecamatan Tonjong. Dari enam kecamatan tersebut, paling sedikit dari Kecamatan Sirampog hanya satu kepala desa saja.

Lebih lanjut Idza mengajak agar Kades yang terpilih segera beradaptasi dan membaur dengan seluruh unsur di desa. Karena bagaimanapun, dengan cepat beradaptasi segala program pembangunan pemerintah dapat dinikmati masyarakat desa.

"Segeralah beradaptasi dan merangkul seluruh unsur di desa. Keberhasilan pembangunan dari pusat, bergantung dengan kepala desa. Untuk itu, galilah potensi yang ada di masing-masing desa," ajak Idza.

Suasana pelantikan berlangsung hikmat meskipun ribuan pengunjung yang nota bene adalah para pendukung fanatik saat Pilkades berlangsung dulu. Pelantikan dan pengambilan sumpah diikuti secara serempak yang dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan petikan SK serta pemberian ucapan selamat. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Gelombang Pemudik Terus Berdatangan

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 04:15 WIB
GELOMBANG pemudik tetap berlangsung meski pemerintah telah mengimbau agar warga tidak pulang...
ANTARA

Daerah Bersiap Hadapi PHK

👤Lina Herlina 🕔Rabu 08 April 2020, 03:50 WIB
GELOMBANG pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun yang dirumahkan mulai terjadi pada ribuan pekerja di berbagai...
MI/ Akhmad Saufa

Gegara Covid, 2500 Karyawan Hotel di Sumbar Dirumahkan

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:51 WIB
Sampai saat ini,  tercatat 26 dari 80 hotel di Sumbar yang sudah tutup. Bahkan, dia memperkirakan ada beberapa hotel lagi yang akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya