Selasa 18 Februari 2020, 07:20 WIB

Cara Mudah Mengisi Sensus Penduduk 2020

M Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Cara Mudah Mengisi Sensus Penduduk 2020

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Direktur Sistem Informasi Statistik Mochammad Romzi menunjukkan data pergerakan sensus penduduk .

 

SENSUS penduduk dalam jejaring (daring/online) 2020 telah resmi dimulai pada 15 Februari 2020. Ini merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia. Badan Pusat Statistik mematok target 23% penduduk Indonesia berpartisipasi.

Sensus daring diklaim hanya memakan waktu 5 menit. Untuk ikut mengisi, BPS menyediakan situs www.sensus.bps.go.id yang dapat diakses lewat laptop dan gawai.

Media Indonesia menjajal sensus daring itu melalui gawai. Awalnya pengisi diminta memasukkan nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga diikuti dengan pengisian kode unik.

Berikutnya pengisi diminta membuat password. Adanya password juga berguna bila ingin kembali melengkapi data diri ataupun keluarga.

Jadi, bila lupa atau ragu saat mengisi data, pengisi dapat menyimpan sementara dan bisa mengaksesnya kembali menggunakan password.

Di sensus ini, satu pengisi bisa mewakili satu keluarga. Dimulai dengan mengisi kelengkapan data kepala keluarga lalu data keluarga, dari tempat tinggal, status kepemilikan tempat tinggal, daya listrik yang dipakai di tempat tinggal, sumber air minum utama yang digunakan, ketersediaan fasilitas jamban, hingga jenis lantai yang mendominasi tempat tinggal.

Pengisi dapat melanjutkan ke laman selanjutnya dengan mengeklik tulisan ‘Lanjut’ di kanan bawah layar gawai dan masuk ke data daftar anggota keluarga. Kali ini muncul daftar nama keluarga yang tercantum pada KK. Bila ada yang belum tercantum, pengisi dapat menambahkannya di kolom yang tersedia.

Pengisi selanjutnya melengkapi pengisian data kepala keluarga. Pertanyaan akan dimulai dengan status hubungan kepala keluarga, tempat tinggal kepala keluarga, akta kelahiran kepala keluarga, kewarganegaraan, agama, status perkawinan, bahasa yang digunakan, hingga aktivitas sehari-hari.

Pengisi dapat menyelesaikan pengisian dengan mengeklik tulisan ‘Kirim’.

Kepala BPS Suhariyanto meminta masyarakat Indonesia untuk ikut menyukseskan sensus penduduk daring 2020. Kehadiran sensus ini tidak serta-merta meniadakan cara konvensional. BPS akan merekrut 390.000 relawan untuk menjadi petugas sensus yang akan mendatangi tiap rumah pada 1-31 Juli 2020.

Dua hari setelah sensus penduduk daring dimulai, animo masyarakat mulai terlihat meski belum signifikan.

“Yang mengakses sudah lebih dari 568.000, baru dua hari. Seluruh data individu dijamin kerahasiaannya oleh undang-undang,” pungkas Suhariyanto. (M Ilham Ramadhan Avisena/X-11)

Baca Juga

DOK. INSTAGRAM/DR.TIRTA

Tirta Mandira Hudhi: Gas Pol Lawan Korona

👤Atalya Puspa 🕔Senin 30 Maret 2020, 05:40 WIB
Kondisi kesehatan tak memungkinkannya untuk turut serta membantu tenaga medis di lapangan. Demi legasi, ia berjuang dengan caranya,...
ANTARA FOTO/Teresia May

Afgan Syahreza, Ajak Bantu Tenaga Medis

👤Ant/H-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 04:00 WIB
PENYANYI Afgan Syahreza, 31, mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu tenaga medis yang berada di garis terdepan dalam melawan...
DOK. INSTAGRAM

Brisia Jodie: Gelar Konser di Depan Rumah

👤Medcom.id/H-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 03:30 WIB
Tetangganya yang menonton pun terlihat menjaga jarak satu sama lain, bahkan ada yang turut merekam konser sederhana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya