Selasa 18 Februari 2020, 00:21 WIB

Magang Bantu Lulusan Perguruan Tinggi Terserap Dunia Kerja

Antara | Humaniora
Magang Bantu Lulusan Perguruan Tinggi Terserap Dunia Kerja

123rf
Ilustrasi magang

 

PROGRAM magang mahasiswa di kalangan pelaku industri maupun organisasi nirlaba mampu meningkatkan daya serap lulusan perguruan tinggi.

Direktur Eksekutif PPM Manajemen mengatakan, magang merupakan solusi, agar lulusan perguruan tinggi siap kerja.

Ia pun menyambut positif kebijakan Kampus Merdeka yang digulirkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Dalam kebijakan Kampus Merdeka tersebut, mahasiswa diberikan pilihan untuk melakukan magang tiga semester di luar program studi.

Bramantyo mengungkapkan sudah sejak lama menerapkan pola magang seperti itu. Dulu, kampusnya memiliki program magister bisnis yang menggabungkan pola belajar di kelas dan magang tersebut.

Baca juga : Unisba Wisuda Dokter Umum Berusia 19 Tahun

"Mahasiswa kembali ke kampus untuk menggabungkan konsep yang dipelajari di kelas dan upaya perbaikan yang dilakukan. Hasilnya cukup bagus, lulusan kami banyak diserap industri," katanya dikutip dari Antara.

Dia menambahkan kurikulum merupakan hal penting dalam menentukan kualitas perguruan tinggi. Baru kemudian magang ataupun kerja praktik.

Oleh karena itu, dia menyarankan perlu adanya rancang ulang kurikulum perguruan tinggi, sebelum menerapkan kebijakan Kampus Merdeka tersebut.

PPM Manajemen sendiri siap menerapkan kebijakan Kampus Merdeka itu di kampusnya.

Sebelumnya, PPM Manajemen mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2015 tentang sistem manajemen kualitas dari PT SGS Indonesia untuk PPM Manajemen Public Training Executive Development Program dan Employee Recruitment and Selection Services.

Baca juga : Pertama di Indonesia Layanan Bank Terintegrasi Co-Working Space

"Kami berharap dengan keberadaan kami dalam dunia pendidikan, dapat berkontribusi pada sumber daya manusia unggul di Tanah Air, demi menopang pembangunan yang saat ini terus dilakukan oleh pemerintah dan menjadi mitra para organisasi," ujarnya.

Plt Kepala Biro Komunikasi dan Humas Kemendikbud Ade Erlangga mengatakan program Merdeka Belajar untuk Kampus Merdeka merupakan terobosan Kemendikbud agar pendidikan jangan terkungkung.

"Arti merdeka juga berarti bahagia yakni pendidikan menciptakan suasana bahagia di sekolah, di kampus, juga di.rumah dan dilingkungan sekitar," ujarnya.

Dengan Merdeka Belajar, Kemendikbud juga mengutamakan penguatan karakter berbasiskan Pancasila, mendorong kerja sama pendidikan dengan kalangan dunia usaha dan dunia industri. (Ant/OL-7)

Baca Juga

MI/SUMARYANTO BRONTO

Raisa Andriana: Sibukkan Diri Selama Isolasi Diri

👤Ant/H-3 🕔Selasa 31 Maret 2020, 04:00 WIB
Sebelumnya, ia mengajak para penggemarnya untuk mengikuti konser daring tersebut melalui akun...
MI/PANCA SYURKANI

Garin Nugroho: Doa dan Harapan untuk Film Nasional

👤Ant/H-3 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:30 WIB
Sutradara Garin Nugroho, 58, melalui Instagram-nya, kemarin, mengungkapkan keberadaan film ialah sebagai media yang memberi inspirasi bagi...
MI/RAMDANI

Berkembang, Film Indonesia Usai Covid-19

👤Syarief Oebaidilah 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:20 WIB
Sebagai salah satu industri kreatif, perfilman  nasional sudah saatnya mendapat perhatian serius dari pemerintah dan insan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya