Selasa 18 Februari 2020, 03:00 WIB

Clean up Radioaktif Terus Berlanjut

Fer/H-1 | Humaniora
Clean up Radioaktif Terus Berlanjut

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Tim Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan Dekontaminasi di Perumahan Batan Indah.

 

BADAN Tenaga Nuklir Nasional (Batan) masih terus membersihkan area yang terpapar zat radioaktif di atas ambang batas di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. Sebanyak 87 drum yang berisi tanah dan vegetasi yang diindikasikan terpapar radiasi zat radioaktif telah dipindahkan.

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara, mengatakan upaya clean up sudah dilakukan sejak 11 Februari ke tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif. Dalam hal ini, diperkirakan butuh waktu 20 hari untuk proses pembersih­an area tersebut.

Pada hari pertama, Selasa (11/2), sebanyak 5 drum, hari kedua (12/2) sebanyak 20 drum, hari ketiga (13/2) sebanyak 28 drum, dan hari keempat (16/2) sebanyak 34 drum. Menurut Heru, semua drum tersebut saat ini disimpan di tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif yang berada di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) Batan, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan.

Setelah proses pembersihan, akan dilakukan pengukuran terhadap paparan radiasi. Dari hasil pengukuran menunjukkan penurunan tingkat radiasi yang cukup signifikan. Oleh karena itu, Heru menambahkan, batasan perimeter yang dipasang Detasemen KBR (Kimia Biologi Radioaktif) dipersempit.

Kepala Batan, Anhar Riza Antariksawan, memastikan temuan Bapeten terkait adanya zat radioaktif di lokasi itu tidak berasal dari kecelakaan atau kebocoran reaktor riset GA Siwabessy. Bahkan, saat ini reaktor yang dioperasikan sejak 1987, itu, tetap beroperasi dengan aman. “Jika pelepasan terjadi, pasti akan langsung terdeteksi sistem pemantau radiasi yang ada di gedung reaktor. Kalau ada yang terlepas di udara, akan tercatat oleh sistem pemantau radioaktivitas lingkungan yang ada,” katanya. (Fer/H-1)

Baca Juga

MI/SUMARYANTO BRONTO

Raisa Andriana: Sibukkan Diri Selama Isolasi Diri

👤Ant/H-3 🕔Selasa 31 Maret 2020, 04:00 WIB
Sebelumnya, ia mengajak para penggemarnya untuk mengikuti konser daring tersebut melalui akun...
MI/PANCA SYURKANI

Garin Nugroho: Doa dan Harapan untuk Film Nasional

👤Ant/H-3 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:30 WIB
Sutradara Garin Nugroho, 58, melalui Instagram-nya, kemarin, mengungkapkan keberadaan film ialah sebagai media yang memberi inspirasi bagi...
MI/RAMDANI

Berkembang, Film Indonesia Usai Covid-19

👤Syarief Oebaidilah 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:20 WIB
Sebagai salah satu industri kreatif, perfilman  nasional sudah saatnya mendapat perhatian serius dari pemerintah dan insan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya