Senin 17 Februari 2020, 20:17 WIB

Survei Sebut Prabowo Menteri Berkinerja Baik, Ini Alasannya

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Survei Sebut Prabowo Menteri Berkinerja Baik, Ini Alasannya

MI/Susanto
Survei Indo Barometer yang menunjukkan kiner menteri pertahanan Prabowo Subianto

 

SURVEI evaluasi publik terhadap kinerja 100 hari pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin versi Indo Barometer mengelompokkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai salah satu menteri yang berkinerja baik.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan, Prabowo mencuat jadi menteri yang bekinerja baik karena merupakan sosok yang paling dikenal publik di Kabinet Indonesia Maju.

"Karena dikenal persepsi masyarakat menganggap kinerjanya bagus. Alasan tingkat pengenalan berpengaruh terhadap evaluasi dan penyebutan menteri yang dianggap bagus," terangnya ketika dihubungi Media Indonesia, pada Senin (17/2).

Dalam survei yang melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi itu, Prabowo dipersepsikan publik dengan figur yang kinerjanya nyata (19,5%), tegas (18%), sudah berpengalaman (16%), dan lain-lain.

Baca juga : Demokrat: Prabowo Menteri Terbaik? Gak Masuk Akal

Jawaban tersebut, terangnya, dikompilasi sehingga didapatkan hasil yakni sosok Prabowo dianggap sebagai menteri yang tegas (69,3%), Sri Mulyani dianggap kinerjanya sudah terlihat (31,8%) sementara Prabowo (13,5%), dan Erick Thohir (26,5%).

Dari alasan-alasan publik, responden menilai kinerja menteri yang bagus karena tegas, cocok sesuai keahlian, menguasai permasalahan di bidangnya, berwibawa lebih banyak yang menyebut Prabowo.

"Tegas ini image yang sudah lama menjadi trade mark Prabowo," ucap Qodari.

Hasil survei itu sempat dipertanyakan oleh politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean yang menyebut hasil survei tersebut tidak masuk akal. (OL-7)

 

Baca Juga

Antara

Kemenhan Tunggu Hasil Investigasi Jatuhnya Heli MI-17

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 07 Juni 2020, 17:19 WIB
Kementerian Pertahanan menyerahkan proses investigasi helikopter MI-17 yang jatuh di Kendal, Jawa Tengah, kepada Markas Besar (Mabes) TNI...
AFP

Lestari: Tidak Ada Ruang Tumbuh Rasialisme di NKRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:59 WIB
Menurut Rerie, kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia tidak pernah sedikit pun dipandang dari sisi ras, suku dan...
MI/SUSANTO

Dua Kali Jatuh, DPR Minta Intensifkan Investigasi Heli MI-17

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 07 Juni 2020, 13:45 WIB
Pesawat angkut buatan Rusia milik TNI AD serupa juga dua kali mengalami kejadian naas di Oksibil,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya