Senin 17 Februari 2020, 08:25 WIB

Kepuasan atas Kinerja Jokowi Meningkat

Che/Ant/X-11 | Politik dan Hukum
Kepuasan atas Kinerja Jokowi Meningkat

Indo Barometer/Seno
Hasil Survei Evaluasi Publik dan Isu-Isu Nasional dalam 100 Hari Jokowi-Amin

 

SURVEI lembaga riset Indo Baro­meter menunjukkan tingkat kepuasan res­ponden terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mencapai 70,1%. Itu menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan kepuasan publik pada kinerja Jokowi berdasarkan hasil survei Maret 2015 yang sebesar 57,5%.

“Di periode keduanya, Pak Jokowi sebetulnya punya garis start yang lebih baik jika dibandingkan dengan lima tahun yang lalu,” ungkap Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, kemarin, saat memaparkan survei jelang 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sebanyak 27,4% responden lainnya mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi kali ini. Adapun di 2015 jumlah yang tidak puas mencapai 37,5%.
Survei menggunakan metode wawancara dengan multistage random sampling. Responden terdiri atas warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, yakni minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilaksanakan. Margin of error survei tersebut sebesar kurang lebih 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Kinerja Wapres

Hasil survei Indo Baro­meter juga menyebutkan hanya 49,6% dari 1.200 responden yang mengaku puas dengan kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sedangkan 37,5% responden mengaku tidak puas.

“Hasil ini lebih rendah jika dibandingkan dengan kepuasan responden terhadap Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sebesar 53,3% saat survei Maret 2015,” kata M Qodari.

Dari hasil survei, Qodari ­melihat perbedaan cukup besar antara kepuas­an publik terhadap kinerja Presiden Jokowi dan kinerja Wapres Ma’ruf Amin. “Memang saya katakan ini agak jom­plang. Sekitar 20%,” ujarnya.

Selain itu, ia melihat baru kali ini ­kepuasan terhadap menteri lebih tinggi ketimbang kepuasan atas wakil presiden. Dalam survei yang dilakukan pada 9-15 Januari 2020 itu sebanyak 54,4% responden merasa puas terhadap kinerja para menteri kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Hasil survei juga menunjukkan ­Menteri Pertahanan Prabowo ­Subianto berada di posisi teratas dari deretan 10 menteri yang paling dikenal publik yakni 18,4%, disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (10,6%), Menteri BUMN Erick Thohir (8,2%), Menko Polhukam Mahfud MD (7,9%), dan Mendikbud Nadiem Makariem (5,3%).

Prabowo juga berada di urutan teratas menteri yang dinilai publik berkinerja bagus, yakni 26,8%, disusul Sri Mulyani (13,9%), Erick Thohir (12,6%), Mahfud MD (7,3%), dan Nadiem Makarim (5,2%).

Ada lima alasan publik menilai kinerja menteri, yaitu hasil kerjanya sudah terlihat (19,5%), orangnya tegas (18%), berpengalaman (16%), keahlian sesuai (8,7%), dan orangnya berani (8,6%). (Che/Ant/X-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama.

Di Tengah Wabah Korona, Besok DPR tetap Bersidang

👤 Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:30 WIB
Ia menjamin pembahasan rancangan undang-undang juga akan tetap berjalan, termasuk prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya seperti...
MI/SUPARDJI RASBAN

Pemerintah harus Secepatnya Karantina Wilayah

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:31 WIB
Indonesia tak mengenal istilah lockdown. Tapi Indonesia mempunyai konsepnya sendiri yaitu karantina...
Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

KSP: Legitimasi Perppu Penundaan Pilkada Harus Kuat

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:04 WIB
Menurut Sigit, apapun opsi yang akan diambil oleh KPU, termasuk apabila nantinya pemerintah menerbitkan Perppu, legitimasinya harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya