Senin 17 Februari 2020, 09:30 WIB

BRI Incar Penambahan Setengah Juta Agen BRILink

Despian Nurhidayat | Ekonomi
BRI Incar Penambahan Setengah Juta Agen BRILink

IST/BRI
Dirut BRI Sunarso memperhatikan cara kerja agen BRILink.

 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen mendorong inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Salah satu upaya yang akan dilakukan ialah menambah jumlah layanan branchless banking yakni Agen BRILink di seluruh Indonesia.

Mengutip data Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, indeks literasi keuangan di Indonesia telah mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan menyentuh angka 76,19%.

Atas hal tersebut, Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI A. Solichin Lutfiyanto mengungkapkan, di tahun ini perseroan menargetkan memiliki 500.000 Agen BRILink atau tumbuh 18,4% dibandingkan dengan jumlah agen di akhir tahun 2019.

“Tahun ini fokus kami meningkatkan jangkauan melalui penambahan agen serta meningkatkan produktivitas agen existing dibandingkan dengan pengembangan jaringan kantor konvensional dengan tujuan agar lebih efektif dan efisien,” ungkapnya dilansir dari keterangan resmi, Minggu (16/2).

Lebih lanjut, Solichin mengatakan bahwa di samping mendekatkan akses keuangan, peran Agen BRILink juga didorong terus dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

“Selain melayani fitur-fitur transaksi perbankan, kami juga terus mendorong agar para agen mengedukasi masyarakat sekitar melalui referral pembukaan tabungan bagi masyarakat yang belum memiliki rekening simpanan, referral pinjaman bagi pelaku UMKM yang usahanya feasible, serta penjualan asuransi mikro yang bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan premi yang terjangkau,” pungkas Solichin.

Sementara itu, hingga akhir 2019, Agen BRILink tercatat telah memberikan referral simpanan sebanyak 50.755 rekening dan referral pinjaman sebanyak 37.825 rekening serta menjual 98.651 polis Asuransi Mikro-Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia.

Melalui penyampaian dengan cara yang mudah dimengerti, keberadaan Agen BRILink terbukti telah berkontribusi meningkatkan literasi keuangan masyarakat. (Des/E-1)

Baca Juga

Antara

Wakili Sinarmas, Hotman Paris Somasi Agen Penjual Reksa Dana

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 27 Mei 2020, 23:40 WIB
Bibit merupakan salah satu agen penjual efek reksa dana produk kelolaan Sinarmas Asset...
Antara

The Jakarta Post Lakukan Pembenahan untuk Memasuki Era Digital

👤Antara 🕔Rabu 27 Mei 2020, 22:21 WIB
The Jakarta Post harus menekan biaya operasional dengan mengurangi biaya perekrutan (hiring) tenaga kerja kontrak serta kerja sama dengan...
Antara/Noveradika

Retail dan Logistik Punya Potensi Tumbuh di Tengah Pandemi Korona

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 20:58 WIB
"Kita lihat misalnya retail dan logistik relatif oke ya. Kebutuhan mereka untuk operasional tambahan dan investasi itu cukup kuat,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya