Minggu 16 Februari 2020, 16:26 WIB

PMI Kerahkan Personel untuk Festival Bau Nyale

Retno Hemawati | Nusantara
PMI Kerahkan Personel untuk Festival Bau Nyale

AFP/Arsyad
Festival Bau Nyale

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) Lombok Tengah mengerahkan personelnya untuk melayani warga yang tengah merayakan Festival Bau Nyale di Pantai Tanjung Aan, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Personel yang diterjunkan ini untuk melayani warga seperti mendistribusikan air bersih dan memberikan pelayanan ambulan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Staf PMI Kabupaten Lombok Tengah Halki melalui sambungan telepon, Minggu (16/2).

Festival Bau Nyale merupakan aktivitas warga mencari cacing laut berwarna-warni yang muncul di awal tahun. Acara ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang tidak hanya diikuti warga setempat saja, tetapi juga wisatawan baik dari dalam maupun luar NTB.

Tumpah ruahnya wisatawan yang hadir dalam festival tersebut, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, PMI yang berkoordinasi dengan petugas keamanan setempat ikut membantu memberikan pelayanan.

Tidak hanya mencari cacing, pada Bau Nyale ini juga digelar konser band yang dimeriahkan grup band papan atas nasional, sehingga festival tersebut menjadi bertambah meriah apalagi dihadiri oleh ribuan warga dan wisatawan.

"Personel yang diturunkan sebanyak 20 relawan dan dan enam staf, hingga acara berakhir. Alhamdulillah berjalan lancar dan tidak ada kejadian yang tidak diinginkan," tambahnya.

Sementara, salah seorang warga Kabupaten Dompu, NTB Silvy Indriani mengatakan dirinya baru pertama kali menyaksikan festival Bau Nyale, karena kebetulan lagi ada kerjaan di Mataram. Ia bersama masyarakat setempat ikut antusias mencari cacing-cacing kecil berwarna-warni tersebut.

Dirinya merasa terbantu dengan adanya relawan PMI yang berkeliling dan ikut mengawasi pengunjung di lokasi acara tersebut. "Seru pastinya dan saya pribadi merasa terbantu dengan adanya relawan PMI yang bersiaga di lokasi untuk memberikan berbagai informasi terkait kegiatan ini," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Alexander P.Taum

Bupati Sikka Relakan Rumdinnya Jadi Area Karantina KM Lambelu

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 08 April 2020, 00:56 WIB
Sebanyak 233 orang akan dikarantina di rumah dinas Bupati Sikka menyusul ditemukannya 3 orang positif terinfeksi covid-19 di kapal yang...
MI/ Alexander P Taum

Frustasi, Penumpang KM Lambelu Nekat Terjun ke Laut

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 08 April 2020, 00:40 WIB
Mereka nekat melakukan itu dipicu keputusan Bupati Sikka Fransiskus Robertto Diogo yang melarang KM Lambelu merapat ke pelabuhan laut...
MI/ Alexander P Taum

Tiga ABK KM Lambelu Positif Virus Korona

👤Palce Amalo 🕔Rabu 08 April 2020, 00:20 WIB
Saat ini kapal tersebut sudah diperbolehkan merapat ke dermaga untuk menurunkan sekitar 233...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya