Minggu 16 Februari 2020, 16:00 WIB

Kasus Virus Korona di Kapal Diamond Princess Naik Menjadi 355

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kasus Virus Korona di Kapal Diamond Princess Naik Menjadi 355

AFP/Behrouz Mehri
Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina, di Jepang.

 

JUMLAH orang yang dites positif virus korona baru atau Covid-19 di kapal pesiar yang dikarantina lepas pantai Jepang telah meningkat menjadi 355 orang.

"Sejauh ini, kami telah melakukan tes kesehatan untuk 1.219 orang. Dari jumlah itu, 355 orang dinyatakan positif. Dari jumlah itu, 73 orang tidak menunjukkan gejala," ujar Katsunobu Kato dalam sebuah diskusi di NHK, Minggu (16/2).

Angka-angka baru datang ketika Amerika Serikat sedang bersiap untuk mengevakuasi beberapa warganya dari Diamond Princess, yang telah dikarantina sejak 5 Februari di pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo.

Hong Kong juga mengatakan akan menawarkan 330 warganya di atas kapal kesempatan untuk mengambil penerbangan charter kembali. Kanada juga mengumumkan keputusan serupa untuk memulangkan warga negaranya di kapal.

Upaya Jepang untuk mengendalikan infeksi virus di kapal telah memicu keprihatinan internasional.

baca juga: http://tiongkok-umumkan-epidemi-virus-korona-bisa-dikendalikan

 

Kapal pesiar tiba di lepas pantai Jepang pada awal Februari dengan lebih dari 3.700 penumpang dan anggota kru dari lebih dari 50 negara dan wilayah.

Diamond Princess dikarantina setelah pihak berwenang menemukan seorang penumpang yang turun dari kapal di Hong Kong selama pelayarannya dinyatakan positif Covid-19.

Pejabat terus menemukan infeksi baru di antara penumpang dan anggota kru dan mengangkutnya ke rumah sakit Jepang, sementara yang lain telah diberitahu untuk tinggal di dalam kabin masing-masing selama periode karantina 14 hari, yang akan berakhir pada Rabu (19/2).

Jepang belum dapat melakukan tes kesehatan semua yang ada di kapal karena terbatasnya pasokan kit pengujian, fasilitas, dan tenaga kerja yang juga dibutuhkan oleh pihak berwenang yang melacak penyebaran virus di kalangan populasi umum. (CNA/OL-13)

Baca Juga

ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/wsj.

Jumat Agung di Katedral Notre-Dame Hanya Dihadiri Sebagian Kecil

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 23:43 WIB
Tujuh orang akan menghadiri misa yang disiarkan televisi pada hari Jumat (10/4) ketika orang-orang kristiani memperingati kematian Yesus...
ANTARA FOTO/Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS/pras.

Covid-19 di Arab Saudi Tembus 200 Ribu Orang

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 23:38 WIB
Menteri Kesehatan Tawfiq al-Rabiah mendesak publik untuk lebih mematuhi arahan negara tentang pembatasan...
Antara

Kematian Covid-19 Malaysia ke-63 Bermula saat Tablig di Gowa

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 22:07 WIB
Lelaki Malaysia itu mempunyai sejarah menghadiri pertemuan jamaah tablig di Gowa, Sulawesi Selatan, pada 17 Maret hingga 24 Maret...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya