Minggu 16 Februari 2020, 16:07 WIB

PT Sang Hyang Seri dan Inkopad Gelar Sosialisasi pada Petani

mediaindonesia.com | Ekonomi
PT Sang Hyang Seri dan Inkopad Gelar Sosialisasi pada Petani

Istimewa
Acara sosialisasi kepada para petani di Wisma PT SHS Sukamandi-Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (13/2).

 

Dari kiri:  Agustinus (SHS), Yaya (Inkopad), Heri Danramil Ciasem Subang, Agus (Inkopad), Mayor Simpayung (inkopad) batik biru, Rahmat Hidayat (Dirop SHS), dan Dandim Subang Edi, Maryadi (Keuangan SHS) Hidayat (GM Kebun SHS), dan Yogi.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dalam rangka mendukung kedaulatan pangan, PT Sang Hyang Seri (SHS) dan Induk Koperasi Kartika TNI Angkatan Darat (Inkopad) menggelar sosialisasi kepada para petani di Wisma PT SHS Sukamandi-Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (13/2).

Dalam acara itu, Direktur Opersional (Dirop) dan Direktur Keuangan (Dirkeu) PT SHS, puluhan petani binaan PT SHS Sukamandi dan Pengurus Inkopad, nampak hadir dalam rapat sosialisasi tersebut, membahas situasi dan kondisi pertanian PT SHS Sukamandi-Subang di area sawah seluas 3.160 hektare yang akan dikerjasamakan tersebut.

Setelah memimpin rapat sosialisasi itu, Dirop PT SHS, Rahmat Hidayat memaparkan,“Bahwa dalam rangka ikut serta mensukseskan program pemerintah kedaulatan pangan, maka PT SHS akan meningkatkan produktivitas dan kualitas benih padi yang akan disalurkan melalui Kementrian Pertanian untuk bantuan benih kepada petani di daerah."

"Sehubungan dengan hal tersebut PT SHS bekerja sama dengan Inkopad terutama dalam hal permodalan dan pengamanan untuk mendapatkan calon benih yang dihasilkan oleh para petani binaan PT SHS,” jelas Rahmat.

Terkiat jenis varietas benih yang siap ditanam, Rahmat mengatakan,“varietasnya pasti ditentukan, koordinasi dengan kementerian pertanian, varietas apa saja yang kebutuhan di daerah-daerah, itu yang akan kami tanam untuk memenuhi kebutuhan petani.”

Rahmat berharap,“Dalam kerja sama ini, saya berharap kedepan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas mutu GKP calon benih dengan daya tumbuh yang sekarang 80%, kita akan coba tingkatkan menjadi 90%, sehingga kita mempunyai benih premium.”

Bagian Hukum Inkopad, Mayor Simpayung menambahkan,“Kerja sama ini akan dilakukan, karena ada kesulitan dari PT SHS dalam bidang finansial pembelian gabah petani. Maka, kita coba mendukung itu, agar SHS bisa beli gabah petani dan menyalurkannya ke Kementan.”

Sementara itu, aktivis petani, Santoso Hamzah yang juga turut hadir dalam rapat sosialisasi MoU tersebut mengatakan, “Saya menyambut baik kerja sama antara PT SHS dan Inkopad, asal yang menjadi catatan pentingnya.

"Pertama, adanya kepastian pembayaran GKP (gabah kering petani) pascapanen, kedua, ada selisih harga terkait harga GKP calon benih dengan benih konsumsi, agar memenuhi rasa keadilan ekonomi, itu yang harus menjadi dasar kuat kerja samanya, terkait perawatan padi, petani sudah punya cara sendiri,” terangnya. (OL-09)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Beri Subsidi Distribusi untuk Jaga Pasokan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:53 WIB
Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, ketahanan pangan harus dijaga baik dari aspek ketersediaan maupun...
DOK KEMENTAN

Kabupaten Semarang Rayakan Puncak Panen Raya Padi April-Mei 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:48 WIB
Kabupaten Semarang sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Tengah terus melakukan kegiatan panen padi dengan puncak panen pada...
Ilustrasi

Dampak Korona, Banyak Perusahaan Bertahan 1-3 Bulan Kedepan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 10 April 2020, 16:07 WIB
Arus kas ada yang satu bulan sampai dengan tiga bulan kedepan, lebih dari itu mereka harus cari stand by...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya