Sabtu 15 Februari 2020, 13:12 WIB

Citizens Dilarang Tampil di Eropa, Nasib Guardiola Dipertaruhkan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Citizens Dilarang Tampil di Eropa, Nasib Guardiola Dipertaruhkan

Anthony Devlin/AFP
Reaksi pelatih Manchester City Pep Guardiola saat timnya melawan Tottenham Hotspur pada laga Liga Champions.

 

KLUB Manchester City dijatuhi larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa untuk dua musim mendatang.

UEFA merilis City dijatuhi larangan tampil di seluruh kompetisi antarklub Eropa untuk musim 2020-2021 dan 2021-2022 setelah terbukti melanggar aturan financial fair play (FFP), pada Jumat (14/2), waktu setempat.

Badan Kontrol Keuangan Klub-klub UEFA (CFCB) menyebutkan bahwa City terbukti menggelembungkan pendapatan sponsor mereka yang diserahkan ke UEFA antara tahun 2012 dan 2016.

Sudah jatuh tertimpa tangga, Citizen juga harus membayar denda sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp 445 miliar.

Adanya masalah yang menimpa klub berdampak pada masa depan pelatih Josep 'Pep' Guardiola mulai diragukan.

Mantan manajer Barcelona itu menegaskan dia akan melihat 12 bulan terakhir dari kontrak di Etihad-nya tetapi larangan dua tahun Eropa meragukan masa depannya.

Namun, sumber-sumber klub menyatakan bahwa mereka percaya diri bisa berhasil membalikkan keputusan, begitu kasus itu diberikan pemeriksaan yang adil dan independen.

City segera memberikan tanggapan terhadap putusan dari Kamar Ajudikasi Club Financial Control Body (CFCB) UEFA, yang datang setelah penyelidikan selama 14 bulan.

Dalam sebuah pernyataan, mereka berjanji untuk memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase. Klub menyatakan akan terus beroperasi seperti biasa dan bersikeras untuk memproses dengan bantuan tindakan hukum.

Meskipun ada indikasi tentang kemungkinan pindah ke Juventus di musim panas, bos City bersikeras bahwa ia tidak memiliki rencana untuk pergi pada akhir musim.

Memasuki 12 bulan terakhir dari kontraknya di akhir musim, ia bertekad untuk merebut kembali Liga Champions yang belum ia menangi setelah terakhir bersama Barcelona.

Baca juga : Sempat Dilabeli Pemain Sampah

Soal bertahan atau tidaknya pelatih asal Spanyol itu di Etihad sejatinya tinggal menunggu apakah City menenangkan banding atau terkena hukuman.

Sebelumnya, Guardiola mencari jaminan dari staf senior tentang posisi klub. "Tentu saja saya mempercayai klub dan apa yang telah mereka lakukan," ujarnya.

Tak hanya itu, para pemain bintang City juga diprediksi akan meninggalkan juara Liga Inggris 2019 itu jika City kalah banding. (BBC/Ykb/OL-09)

Baca Juga

AFP/PAUL ELLIS (STF)

Gundogan: Liverpool Pantas Dinobatkan Juara Jika Musim Dibatalkan

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 06:15 WIB
Gelandang Manchester City,Ilkay Gundogan menegaskan Liverpool pantas dinobatkan sebagai juara jika Liga Inggris musim 2019/20 tak...
AFP

Ferdinand Usul Liga Inggris Musim Ini Dibatalkan

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:39 WIB
Tentu saja komentar mantan pemain MU ini akan bikin kesal pendukung Liverpool yang sudah menanti 30 tahun juara liga...
Antaranews.com

Manchester City Tawarkan Etihad Stadium

👤Antara 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:37 WIB
Dengan sepak bola Inggris tidak akan bergulir setidaknya paling cepat sampai 30 April, City mempersilahkan fasilitas mereka digunakan untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya