Sabtu 15 Februari 2020, 13:00 WIB

Mahasiswa dari Wuhan Dipastikan Bisa Lanjutkan Studi

Antara | Humaniora
Mahasiswa dari Wuhan Dipastikan Bisa Lanjutkan Studi

ANTARA
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, Tiongkok melambaikan tangan ke arah media, Jumat (14/2).

 

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan bahwa siswa Indonesia akan tetap bisa melanjutkan studinya baik kembali ke Tiongkok atau melanjutkan di dalam negeri.

"Kelanjutan studi akan kita bicarakan lebih lanjut setelah ini selesai. Yang penting mereka sudah kembali ke Indonesia. Biar tenang dulu, bersosialisasi dulu. Kemudian baru kita hitung, terutama para mahasiswa, apakah akan kembali ke tempat studi mereka sampai menunggu wabah ini berkakhir," kata Menko PMK saat berada di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2).

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Stadion Manahan Malam Ini

Menurut Menko PMK, jika memang kemauan mahasiswa tersebut studi kredit mereka bisa ditransfer untuk melanjutkan pendidikan mereka di tanah air, sepanjang bidang studi atau kajiannya sesuai.

Untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa terutama dari pemerintah akan ada diskusi lebih lanjut mengenai hal tersebut karena koordinasi mengenai masalah beasiswa berada di bawah ranah Kemenko PMK.

Kondisi 238 warga negara Indonesia (WNI) yang berada dalam observasi di Natuna juga dinyatakan sehat tanpa adanya gejala-gejala COVID-19, kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang ikut melepas kepulangan para WNI tersebut.

Kemenkes sendiri sudah mengeluarkan surat keterangan bebas COVID-19 untuk dibawa para WNI yang pulang ke daerahnya masing-masing.

Tapi, Menkes sudah meminta dinas kesehatan daerah untuk tetap memantau kondisi-kondisi mereka.

"Jadi itu untuk membantu mereka-mereka juga di dalam bersosialisasi dengan masyarakat maupun dengan keluarga. Jadi tetap dinas kesehatan bertanggung jawab dan terus memantau dan kita sudah koordinasikan dengan mereka," kata Menkes Terawan. (Ant/OL-6)

Baca Juga

Antara/Adeng Bustomi

ASN Masih Work From Home Sampai 21 April

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 Maret 2020, 15:01 WIB
Kementerian PAN-RB memperpanjang masa kerja dari rumah (WFH) bagi ASN hingga 21 April...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Mudik dibatasi, Presiden Minta Tinjau Mitigasi Ekonomi

👤Hilda Julaika 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:55 WIB
Presiden Joko Widodo meminta dilakukan kajian perihal mitigasi dari sisi ekonomi akibat pembatasan mudik ini. Terutama terhadap masyarakat...
MI/Andri Widiyanto

Jokowi: 14 Ribu Orang Mudik Lebih Awal

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:03 WIB
Pemudik yang berasal dari Jakarta dan wilayah sekitar berpotensi meningkatkan penyebaran virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya