Sabtu 15 Februari 2020, 00:05 WIB

Bela Negara bukan hanya Tugas TNI dan Polri

Bryan B Hendro | Humaniora
Bela Negara bukan hanya Tugas TNI dan Polri

MI/Bryan B hendro
Peserta seminar Penanaman nilai-nilai dasar bela negara, di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading, Jakarta,

 

MENANAMKAN benih-benih bela negara sedari dini dapat membuahkan generasi muda yang memiliki kecintaan dan kebanggaan terhadap Tanah Air.

Di era digital nan modern seperti saat ini pun, wujud bela negara telah berubah. Bela negara tak lagi berarti maju ke garis depan medan pertempuran, melainkan berbagai aksi yang dapat berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan Kolonel Amiruddin Laupa dari Direktorat Bela Negara Kementerian Pertahanan dan Keamanan saat menghadiri seminar bertajuk Penanaman nilai-nilai dasar bela negara, di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (14/2).

Dalam seminar yang melibatkan kelas X dan kelas XI sebagai peserta seminar tersebut, ia mengatakan bela negara merupakan wujud kecintaan warga negara kepada Tanah Air yang bisa diaktualisasikan dalam kehidupan sehari hari.

"Seorang pemuda bisa mencintai negaranya tatkala ia mampu menjadikan dirinya bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya," ujar Amiruddin.

Baca juga : Seluruh Komponen Bangsa Wajib Bela Negara, bukan Cuma Militer

Peran pemuda, dalam hal ini pelajar, imbuhnya, ialah dengan memberikan kontribusi positif untuk bangsanya. Umpama, dengan berprestasi baik di dalam dan luar negeri, kemudian mampu menggunakan produk dalam negeri, terampil dalam melakukan berbagai inovasi, serta menjadi pribadi yang disiplin.

"Bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, bukan hanya tugas petinggi negara, tapi bela negara merupakan kewajiban kita semua sebagai warga negara. Bangsa ini akan kuat dan besar apabila kita semua mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa ini lebih maju lagi," tegasnya.

Di sela seminar, Kepala Sekolah SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading Sumanto mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk memberikan nilai nilai dasar bela negara kepada siswa kelas X dan XI, dan diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin di sekolah.

Hal itu diamini Ketua BPPS (Komite Sekolah) Ernawati Yohana yang menambahkan, kegiatan seminar tersebut merupakan wujud kepedulian BPPS terhadap pembentukan rasa cinta generasi muda kepada Tanah Air, di samping support terhadap sekolah. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Pribadi

BWA Resmikan Wakaf Sarana Air Bersih di Lereng Gunung Slamet

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:36 WIB
Setiap musim kemarau, warga lereng Gunung Slamet dan Pesantren At-Tholibiyah yang berada di Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah ini akan mengalami...
Dok. Pribadi

Sekolah ASBC Komitmen Lahirkan Insan Nasionalis Kebangsaan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:34 WIB
Menurutnya, ASBC merupakan sekolah nasional unggulan berwawasan internasional yang mengimplementasikan sistem Spiritualisasi Pendidikan...
Antara/Herviyan Perdana Putra

Pembangunan Keluarga Penting untuk Cegah Stunting

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:12 WIB
Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan agar prevalensi stunting ditekan serendah-rendahnya dengan target 14% pada tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya