Jumat 14 Februari 2020, 17:10 WIB

DPR RI Didorong Segera Mengesahkan RUU Ibu Kota Negara Baru

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
DPR RI Didorong Segera Mengesahkan RUU Ibu Kota Negara Baru

Istimewa
Presiden Komite Pemuda Pembangunan Indonesia Timur (KP2IT) M. Ebit BT. SH. 

 

PRESIDEN Joko Widodo telah memutuskan untuk segera memindahkan ibu kota negara baru ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Dengan keputusan  tersebut, pemerintah melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Suharso Monoarfa mengatakan, rencana peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk Ibu kota negara akan menunggu rancangan undang-undang (RUU) disahkan DPR RI.

Rencananya, RUU Pemindahan Ibu Kota Negara tersebut akan diajukan pada Februari 2020. "Kita lihatlah, mudah-mudahan kita bisa lakukan tahun ini," kata Suharso di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hal senada dengan pemerintah, Komite Pemuda Pembangunan Indonesia Timur (KP2IT) mendukung percepatan proses pemindahan ibu kota negara ke Kaltim. 

"Ini adalah salah satu bentuk lompatan luar biasa dan aksi nyata Presiden Joko Widodo yang pernah direncanakan oleh Presiden Soekarno," kata Presiden Komite Pemuda Pembangunan Indonesia Timur (KP2IT) M. Ebit BT. SH, di Jakarta, Jumat (14/2).

Lebih lanjut, Ebit mengatakan keputusan pemindahan ibu kota negara iakan mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Kawasan Barat Indonesia (KBI).

"Ibu kota negara di Kalimantan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia," ucap Ebit. 

Oleh karena itu, Ebit berharap secepatnya usulan RUU UU Pemindahan Ibu Kota Negara dari pemerintah segera diproses dan disahkan oleh DPR. 

"Kami akan mendorong dengan segala kemampuan dan kekuatan KP2IT agar secepatanya ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan Timur," tegas Ebit. (OL-09)

Baca Juga

MI/SUSANTO

​​​​​​​Ade Armando: Isu Pemakzulan digulirkan Muhammadiyah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:34 WIB
Hal tersebut disampaikan Ade mengomentari sebuah fliyer pemberitahuan diskusi virtual bertajuk 'Menyoal Kebebasan Berpendapat' dan...
Ist/DPR

Hidayat Nur Wahid Imbau WNI di AS Waspada dan Hindari Kerusuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:33 WIB
Wakil Ketua MPR RI itu menilai, dalam keadaan seperti ini, negara via KBRI wajib melindungi semua WNI sehingga pihak KBRI di negara...
MI/PIUS ERLANGGA

Pemerintah Harus Pastikan Masyarakat Paham Kenormalan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:29 WIB
Legislator Partai NasDem Lestarie Moerdijat mengatakan tempat-tempat berpotensi mengundang keramaian wajib memiliki tim khusus yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya