Jumat 14 Februari 2020, 23:05 WIB

Makan malam Sambil Melayari Sungai Serayu

MI | Nusantara
Makan malam Sambil Melayari Sungai Serayu

ANTARA
Aliran sungai Serayu

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengucurkan dana Rp12 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), guna merevitalisasi Sungai Serayu sebagai destinasi wisata.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas sudah lama menginginkan revitalisasi Sungai Serayu untuk wisata. “Pada Januari lalu kami telah bertemu dengan Kemenhub. Kemenhub memberikan komitmen untuk membantu membangun empat dermaga dan setiap dermaga dialokasikan Rp2,5 miliar. Anggaran lainnya akan digunakan untuk pengadaan kapal angkut atau river bus dan kapal
patroli,” katanya, Jumat (14/2).

Keempat dermaga kapal wisata akan dibangun di Desa Tambaknegara, Sokawera, Papringan, dan Srowot. Sedangkan rute wisata yang bakal dikembangkan sejauh 10 kilometer mulai dari Bendung Gerak Serayu,
Rawalo, hingga ke Srowot. “Konsepnya adalah berwisata di sungai sambil makan malam,” ujarnya.

Bupati mengatakan pembangunan dermaga tersebut telah disetujui oleh dinas terkait berwenang atas Sungai Serayu, sedangkan proses pembangunannya ditargetkan selesai dalam dua tahun. “Mudah-mudahan pembangunan itu dapat segera direalisasikan,” ucapnya.

Pemkab Brebes tidak mau ketinggalan dalam mengembangkan sekaligus menumbuhkan destinasi wisata untuk menambah pendapana asli daerah (PAD). Sejumlah destinasi wisata baru di daerah itu dikembangkan bekerja sama dengan masyarakat setempat.

Antara lain pengembangkan obyek wisata padang penggembalaan ternak sapi di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu. Namun, padang penggembalaan itu sulit ditempuh dengan kendaraan roda empat dan lokasinya terpencil.

Untuk memperkenalkan objek wisata tersebut, beberapa hari lalu digelar off road menggunakan mobil-mobil jeef kuno yang diikuti para off roader dari sejumlah daerah tetangga Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, ada 105 ekor sapi jenis jabres yang sedang dikembangkan di padang pengembalaan Dukuh Maribaya. Sapi-sapi tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan bakal menjadi ternak unggulan Kabupaten Brebes.
Selain 105 sapi jenis jabres itu, sapi-sapi lainnya milik masyarakat juga akan digembalakan di lahan seluas 350 hektare tersebut. (LD/JI/BB/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More