Jumat 14 Februari 2020, 15:05 WIB

Mengapa Membaca Label Pada Kemasan Makanan itu Penting?

mediaindonesia.com | Humaniora
Mengapa Membaca Label Pada Kemasan Makanan itu Penting?

Istimewa
Dokter Sungandi Santoso atau dr Sung mengatakan yang juga perlu diperhatikan dalam membaca informasi gizi adalah serving size.

 

SAAT membeli makanan kemasan di swalayan, pernahkah Anda membaca nutrition facts-nya? Nutrition Facts atau informasi gizi pasti ada pada setiap kemasan makanan yang telah terdaftar di Badan Perlindungan Obat dan Makanan (BPOM).

Ternyata bagian nutrition factsi akan membantu konsumen yang hendak membeli  produk makanan itu dapat mengetahui jenis-jenis vitamin dan zat lain yang ada pada makanan tersebut.

Dalam channel Youtube-nya 'Tanya dr Sung', dokter Sungandi Santoso atau dr Sung mengatakan yang juga perlu diperhatikan dalam membaca informasi gizi adalah serving size.

“Serving size atau ukuran saji pada kemasan makanan mempengaruhi jumah kalori dan nutrisi yang tercantum dalam label makanan,” jelas dr Sung

Dokter Sung mencontohkan informasi gizi pada produk susu kental manis. “Pada susu kental manis, satu serving atau ukuran sajinya adalah 4 sendok makan, kurang lebih 42 gram. Dan jumlah sajian per kemasannya adalah sembilan sajian. Jadi satu kaleng ini untuk sajian sembilan gelas,” ujarnya menjelaskan. 

Selain takaran saji, jumlah kalori per takaran saji juga penting untuk diperhatikan. Informasinya pun dapat ditemukan pada bagian informasi gizi. Dengan mengetahui jumlah kalori, kita menjadi tahu banyaknya energi yang diperoleh tubuh dengan mengkonsumsi makanan tersebut.

“Banyak orang mengkonsumsi kalori berlebihan dari jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap hari karena tidak membaca nutrition fact nya,” jelas dr Sung. 

Pada produk susu kental manis, dari informasi gizi yang tertera pada label diketahui jumlah kalori per sajian adalah 140 kalori, dan energi dari lemaknya adalah 40 kalori. Sementara kalori yang dihasilkan oleh 1 piring nasi hanya 135 kalori). 
“Maka kalori dari sepiring nasi lebih lecil dari segelas susu kental manis,” jelasnya. 

Hal lain yang juga tak boleh luput dari perhatian adalah kandungan nutrisi. “Pada bagian gula atau glukosa, tertulis 20 gram, sementara gula pasir sebanyak 20 gram itu hampir dua sendok makan. Sementara dalam penyajiannya adalah 4 sendok makan, hampir separuhnya adalah gula. Jadi, ini anda beli susu atau beli gula?” jelas dokter yang kerap membagikan informasi kesehatan melalui kanal Youtube-nya ini. (OL-09)
 

Baca Juga

Istimewa/Baznas

Baznas Distribusikan Alat Pelindung Diri ke RS Haji dan RS UIN

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 April 2020, 12:57 WIB
Bantuan APD yang diserahkan berupa baju hazmat, kacamata pengaman, sepatu boot, dan penutup sepatu untuk para tenaga medis yang...
ANTARA

Pekerja Migran Harus Patuhi Protokol Saat Tiba di Tanah Air

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 01 April 2020, 12:49 WIB
Imbauan pada seluruh WNI agar mematuhi dan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah sekembalinya ke tanah air harus...
ANTARA/Septianda Perdana

Ini Cara Mencuci Masker Kain

👤Antara 🕔Rabu 01 April 2020, 12:39 WIB
Masker kain menjadi alternatif dan memiliki keuntungan karena bisa dipakai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya