Jumat 14 Februari 2020, 12:30 WIB

Puan Harap Gelar Doktor Honoris Causa akan Tingkatkan Karier

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Puan Harap Gelar Doktor Honoris Causa akan Tingkatkan Karier

ANTARA/Galih Pradipta
Puan Maharani

 

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, hari ini, Jumat (14/2), akan menerima penghargaan gelar Doktor Honoris Causa pertamanya yang akan diberikan oleh Universita Diponegoro (Undip).

Puan nantinya akan menerima gelar Doktor Honoris Causa pada bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional. Ia mengatakan penghargaan ini merupakan penghargaan yang bersejarah dan merupakan rezeki baginya.

"Ini adalah hari yang bersejarah untuk saya karena sejak 2 tahun lalu sebenarnya beberapa perguruan tinggi sudah datang ke saya menawarkan kepada saya untuk bisa menganugrahkan atau memberikan gelar akademik Doktor Honoris Causa, tapi gak tau kenapa kok saya akhirnya memilih Undip yang pertama memberikan gelar Doktor Honoris Causa untuk saya," kata Puan, di Semarang, Kamis (13/2) malam.

Baca juga: Hari Ini, Undip akan Beri Gelar Honoris Causa untuk Puan Maharani

Ia berharap kepemilikan gelar Doktor Honoris Causa itu akan dapat memberikan rezeki karier yang lebih baik ke depannya.

"Jadi, dulu, saya di PMK RI 17. Sekarang, saya RI 6. Sedikit lagi, Pak Rektor. Mudah-mudahan karena gelar akademik Doktor Honoris Causa ini ada rejeki yang lebih baik untuk diri saya ke depannya," ucapnya di hadapan Rektor Undip.

Ia juga mengatakan penghargaan yang diterimanya bukan merupakan hal yang mudah, mengingat dirinya merupakan seorang perempuan muda dan sudah mendapatkan gelar tersebut.

Dikatakannya, penghargaan ini merupakan pembuka jalan bagi seluruh perempuan muda di Indonesia untuk dapat terus bekerja keras, tanpa takut terhadap momok gender.

"Tidak mudah bagi seorang perempuan muda untuk mendapatkan apresiasi secara luas dan besar dari Republik Indonesia. Jadi saya itu sudah membuka pintu ruang dan kesempatan, bagi perempuan Indonesia untuk bisa berkarya lebih di Republik Indonesia," tuturnya.

"Saya sudah menunjukan mewakili seluruh perempuan Indonesia, bahwa sekat-sekat yang membatasi perempuan Indonesia untuk bisa mempunyai jabatan tinggi di Republik itu sudah tidak ada sekat lagi, siapapun bisa dilakukan asal mau berjuang, bekerja keras, dan berusaha," imbuhnya.

Ia pun berharap, penerimaan gelar ini dapat terus memacu dirinya untuk membangun bangsa dan berkomitmen membangun kebudayaan Indonesia

"Memperoleh gelar Doktor Honoris Causa bukan merupaka akhir dari sebuah upaya dalam membangun bangsa, akan tetapi memberikan sebuah komitment ke depan untuk tetap konsistent dalam membangun kebudayaan Indonesia sesuai jati diri bangsa Indonesia, yaitu Pancasila," tukasnya.

Rencananya, pengukuhan gelar Doktor Honoris Causa Puan Maharani digelar pada Jumat (14/2) pukul 13.00 WIB di Kampus Undip, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Rektor Undip Yos Johan Utama, Puan akan meraih gelar Doktor Honoris Causa pada bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More