Jumat 14 Februari 2020, 09:03 WIB

AS Laporkan Kasus Positif Virus Korona Ke-15

Antara | Internasional
AS Laporkan Kasus Positif Virus Korona Ke-15

AFP/Jason Redmond
Sebuah rambu mengingatkan mencuci tangan di asrama Akademi Pemadam Kebakaran Washington yang dijadikan tempat karantina warga AS asal Wuhan.

 

PEJABAT kesehatan Amerika Serikat (AS) melaporkan kasus virus korona terkonfirmasi ke-15 di negara itu pada Kamis (13/2) saat Gedung Putih mengkritik kurangnya keterbukaan serta respons terhadap wabah tersebut dari pihak Tiongkok.

Kasus terbaru di AS itu berasal dari seorang pasien warga AS yang turut dievakuasi dari Wuhan,Tiongkok, yang menjadi pusat wabah virus korona, dan ditempatkan di karantina federal di Pangkalan Angkatan Udara Lackland di San Antonio, Texas.

Itu merupakan evakuasi ketiga sekaligus yang pertama terbukti positif di Lackland, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) seraya mencatatkan kemungkinan adanya kasus lain dari mereka yang baru saja kembali dari Tiongkok.

Baca juga: Jepang Konfirmasi Kematian Pertama akibat Virus Korona

Pemerintah membawa pulang sekitar 800 orang dari Provinsi Hubei dan banyak di antara mereka merupakan pegawai pemerintah beserta keluarga mereka. Mereka lantas menjalani karantina selama 14 hari di pangkalan militer AS.

"Pasien itu kini diisolasi dan menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan terdekat," kata CDC, menjadikan Texas sebagai negara bagian AS ketujuh yang melaporkan kasus virus korona.

Virus yang menyebar cepat itu telah menelan 1.370 korban dan menginfeksi sekitar 60.000 orang lainnya, hampir seluruhnya di Tiongkok, sehingga menghambat ekonomi terbesar kedua di dunia itu dan juga memberikan salah satu ujian paling sulit bagi Partai Komunis berkuasa dalam beberapa tahun. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More