Jumat 14 Februari 2020, 08:20 WIB

Rusuh karena Salah Pengelolaan Rutan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Rusuh karena Salah Pengelolaan Rutan

ANTARA FOTO/Hasan
Petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar gedung saat terjadi kerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe,.

 

KOMISI III DPR akan mendalami peristiwa kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Kerusuhan itu terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya sistem yang tidak beres, terutama dalam pengelolaan rutan.

"Nanti tanggal 24 (Februari 2020) kita akan rapat dengan Menkum dan HAM Yasonna Laoly. Tentu karena saya yang mimpin, nanti akan saya pertanyakan tentang persoalan ini," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa.

"Kalau kerusuhan itu terjadi karena ada barang (narkoba) di dalam, berarti di hulu enggak beres, penjaganya tidak beres, berarti di dalam itu ada bandar juga," ungkap dia.

Karena itu, Desmond akan meminta keterangan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait peredaran narkoba di rutan. "Karena masa sidang kali ini akan berakhir tanggal 27 Februari, saya pikir masa sidang akan datang (memanggil BNN)," ujar dia.

Politikus Partai Gerindra itu menilai pemberantasan narkoba di lembaga pemasyarakatan (LP) harus menyeluruh, mulai hulu hingga hilir. Pasalnya, barang haram yang diduga memantik kerusuhan itu berasal dari luar atau hulu dan berakhir di hilir yakni warga binaan.

"Kalau kita bicara sabu, tidak mungkin sekadar sabu. Saya pada saat kunjungan kerja, maaf, pengedarnya juga pegawai LP. Jadi, kalau kita bicara sabu, ini keterkaitan dengan banyak kelembagaan," jelas Desmond.

Menurutnya, peredaran narkoba di LP bukan hal yang tabu seperti ditekankan eks Kepala BNN Budi Waseso. Itu sebabnya peran instansi mulai BNN hingga Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM perlu melakukan evaluasi.

"Pertanyaannya, kalau ada (sabu) di LP, bahannya itu dari mana? Dari luar, berarti di luarnya enggak beres," ujarnya.

 

20 tersangka

Saat ini, 20 narapidana ditetapkan sebagai tersangka dan masih menjalani pemeriksaan di Polres Tanah Karo. Kapolres Tanah Karo AKB Benny Hutajulu mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kerusuhan itu. "Untuk situasi rutan sudah kondusif."

Karopenmas Divisi Humas Polri Kombes Argo Yuwono menyebut seluruh warga binaan, baik yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah) maupun yang belum akan dipindahkan dari Kabanjahe ke berbagai rumah tahanan di Medan.

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

 

''Inkrah sebanyak 268 orang akan dipindahkan ke berbagai rutan di Sumatra Utara. Kemudian ada 142 warga yang belum inkrah, nanti dari hasil koordinasi akan dititipkan di rutan polres atau polsek di Sumut," kata Argo.

Meski tidak menyebutkan jadwal pemindahan napi dan alasan terjadi pembakaran, Argo memastikan kondisi di Rutan Kabanjahe kondusif dan dijaga aparat TNI-Polri. ''Itu semua bertujuan mengamankan bahwa agar kejadian tidak terulang kembali.''

Argo menyebut pemindahan tahanan dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. 

Warga binaan inkrah merupakan tahanan yang sudah diputuskan vonisnya dan hanya menunggu dilakukan pemindahan. Adapun sisanya merupakan warga binaan titipan yang sedang dalam proses penyidikan, penuntutan, ataupun proses penindakan. (Ant/P-1)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Wapres: Medsos Bikin Masyarakat Sulit Percaya Pemimpin Bangsa

👤Antara 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:06 WIB
Di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat seolah-olah sulit menaruh kepercayaan kepada pemimpin bangsa, kata...
MI/Pius Erlangga

Perlu Gerakan Bersama Wujudkan Peningkatan Peran Perempuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:49 WIB
Dalam politik gagasan, keragaman perspektif saat pembentukan kebijakan, termasuk perspektif perempuan, sangat memengaruhi kualitas...
Ist

Satu Lagi Organisasi Advokat Lahir, Peradi Pergerakan

👤Rosmery Sihombing 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:29 WIB
Organisasi Advokat Peradi Pergerakan resmi dibentuk dengan ditandai penyerahan pataka pergerakan kepada Ketua Umum Terpilih Sugeng Teguh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya