Kamis 13 Februari 2020, 21:07 WIB

Kemenko Marves Gandeng Media Grup Perangi Sampah

Faustinus Nua | Humaniora
Kemenko Marves Gandeng Media Grup Perangi Sampah

MI/RAMDANI
Plt Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti

 

KEMENTERIAN Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) berkolaborasi dengan Media Grup akan meluncurkan kampanye perangi sampah melalui Gerakan Indonesia Bersih (GIB) 2020 yang akan dilaksanakan di 5 destinasi wisata prioritas. Kampanye tersebut rencananya akan diawali pada tanggal 6 Maret 2020 di Labuan Bajo sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Plt Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti menjelaskan bahwa kampanye tersebut merupkas pondasi dasar yang diinginkan Presiden. Melalui GIB pemerintah ingin terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam menanggapi isu sampah di Indonesia.

"GIB akan memberikan dampak langsung kepada upaya kita mengurangi sampah plastik yang belum ter-manage dengan baik. Kita punya keterbatasan terutama di level behavior atau perilaku kita semua. Mungkin dulu terbiasa jadi lupa diingatkan ke anak cucu," ungkapnya di kantor Kemenko Marves, Jakarta (13/2).

Dia melanjutkan, Kemenko Marves sangat konsen untuk memerangi sampah plastik terutama sampah laut. Untuk itu, pemerintah mengajak swasta untuk ikut menggaungkan kampanye GIB tersebut.

Asisten Deputi Jejaring Inovasi Maritim, Deputi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim Kemenko Marves Edi Susilo mengungkapkan bahwa pihaknya yakin dengan menggandeng Media Grup akan mampu menggerakan masyarakat. Menurutnya, Media Grup sendiri sudah punya program-program yang sejalan dengan pemerintah dalam memerangi sampah.

"GIB ini sangat dibutuhkan kita bersama dan harus digerakan bersama. Kami yakin bahwa Media Grup akan mampu menggerakan masyarakat dalam mengubah prilaku menjadi Indonesia bersih," kata dia.

Edi juga mengajak agar pihak swasta ikut mengkampanyegakan gerakan Indonesia bersih ini dengan memulainyai dari lingkungan kantornya masing-masing.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More