Kamis 13 Februari 2020, 19:35 WIB

Satpol PP DKI Jakarta Akan Tertibkan Pengamen Ondel-ondel

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Satpol PP DKI Jakarta Akan Tertibkan Pengamen Ondel-ondel

MI/ANDRI WIDIYANTO
Pengamen ondel-ondel

 

SATPOL PP DKI akan menertibkan ondel-ondel yang mengamen. Tindakan tegas itu dinilai karena dianggap mengganggu ketertiban umum.

Ondel-ondel merupakan salah satu dari 8 ikon budaya betawi yang ditetapkan oleh pemprov DKI melalui Pergub nomor 11 tahun 2017 tentang ikon budaya betawi.

"Kami tidak menginginkan ondel-ondel yang merupakan ikon betawi itu direndahkan. dalam bentuk kegiatan mengamen. Jadi kalau Satpol PP sudah lakukan penertiban, mereka tidak boleh gunakan ikon betawi itu untuk mengemis atau mengamen," ungkap Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dihubungi, Jakarta, Kamis (13/2).

Arifin menerangkan hari ini pihaknya mengadakan rapat koordinasi perihal pembahasan penertiban ondel-ondel yang dimanfaatkan sebagai sarana mengamen dengan berbagai pihak. Misalnya bersama Dinas Kebudayaan, Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Lembaga Kebudayaan Betawi, Bang Japar dan lainnya.

Dalam rapat tersebut disepakati akan menyediakan tempat dan memfasilitasi para pemilik sanggar kesenian dna kebudayaan betawi termasuk para pengrajin ondel-ondel.

"Kami juga akan melakukan pendataan dan inventarisasi untuk mengetahui seberapa banyak jumlah sanggar kesenian betawi dan pengrajin ondel-ondel," jelas Arifin.

Arifin mengatakan dalam Perda nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum pada pasal 40, setiap orang atau badan dilarang menjadi pengemis, pengamen, pedagang asongan, dan pengelap mobil.

"Itu jelas sudah disebutkan larangan mengamen dan kegiatan yang mengganggu ketertiban umum itu. Tapi memang tidak spesifik menyebutkan ondel ondel," tandas Arifin. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More