Kamis 13 Februari 2020, 19:01 WIB

Kemendikbud: Soal Siswa Nonton Cap Go Meh Sudah Beres

Atikah Ishmah Winahyu | Politik dan Hukum
Kemendikbud: Soal Siswa Nonton Cap Go Meh Sudah Beres

Dok.MI
Ilustrasi

 

MEDIA sosial digemparkan dengan beredarnya video berisi pengakuan siswa SDN 43 Singkawang, Kalimantan Barat yang didenda gurunya sebesar Rp30 ribu karena menonton Cap Go Meh. Selain itu, beredar pula video klarifikasi guru yang mengaku memberlakukan denda karena siswa tak seharusnya menonton perayaan tersebut.

Menanggapi kejadian ini, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Menengah (PAUD Dikdasmen) Harris Iskandar mengatakan bahwa persoalan itu sudah diselesaikan secara baik-baik.

"Sudah beres diselesaikan," kata Harris saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (13/2).

Harris menjelaskan, berdasarkan laporan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat, guru melakukan hal ini karena melaksanakan edaran MUI berupa larangan untuk mengikuti kegiatan/terlibat langsung pada acara ritual.

Dari para siswa yang didenda Rp30 ribu per orang, baru satu siswa yang membayar sebesar Rp5 ribu. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk siswa berprestasi.

Namun sampai berita ini diturunkan, para pihak yang terlibat sudah sepakat untuk mengakhiri persoalan ini secara baik-baik.

"Guru sudah menyampaikan permohonan maaf, pihak yang memviralkan sudah bersedia menghapus kontens tersebut. Semua pihak bersepakat bahwa persoalan ini dianggap sudah selesai," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Ini 4 Poin Klarifikasi Said Didu ke Luhut. Tidak Ada Minta Maaf

👤Henri Siagian 🕔Selasa 07 April 2020, 21:35 WIB
Bahwa Menko Kemaritiman dan Investasi (Bpk Luhut B Pandjaitan) lebih mengutamakan kebijakan penyelamatan investasi yang mungkin merupakan...
MI/Susanto

MER-C Minta Mantan Menkes Dibebaskan untuk Bantu Atasi Covid-19

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 21:25 WIB
MER-C berharap seluruh sumber daya manusia unggul yang memiliki keahlian di bidang kesehatan yang dimiliki Indonesia bisa diberdayakan...
MI/IMMANUEL ANTONIUS

Said Didu: Saya Tidak Akan Minta Maaf, Memang Faktanya Begitu

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 07 April 2020, 21:07 WIB
Pemerintah saat ini lebih mengutamakan kebijakan penyelamatan ekonomi dibandingkan dengan kebijakan mengatasi dampak pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya