Kamis 13 Februari 2020, 19:01 WIB

Kemendikbud: Soal Siswa Nonton Cap Go Meh Sudah Beres

Atikah Ishmah Winahyu | Politik dan Hukum
Kemendikbud: Soal Siswa Nonton Cap Go Meh Sudah Beres

Dok.MI
Ilustrasi

 

MEDIA sosial digemparkan dengan beredarnya video berisi pengakuan siswa SDN 43 Singkawang, Kalimantan Barat yang didenda gurunya sebesar Rp30 ribu karena menonton Cap Go Meh. Selain itu, beredar pula video klarifikasi guru yang mengaku memberlakukan denda karena siswa tak seharusnya menonton perayaan tersebut.

Menanggapi kejadian ini, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Menengah (PAUD Dikdasmen) Harris Iskandar mengatakan bahwa persoalan itu sudah diselesaikan secara baik-baik.

"Sudah beres diselesaikan," kata Harris saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (13/2).

Harris menjelaskan, berdasarkan laporan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat, guru melakukan hal ini karena melaksanakan edaran MUI berupa larangan untuk mengikuti kegiatan/terlibat langsung pada acara ritual.

Dari para siswa yang didenda Rp30 ribu per orang, baru satu siswa yang membayar sebesar Rp5 ribu. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk siswa berprestasi.

Namun sampai berita ini diturunkan, para pihak yang terlibat sudah sepakat untuk mengakhiri persoalan ini secara baik-baik.

"Guru sudah menyampaikan permohonan maaf, pihak yang memviralkan sudah bersedia menghapus kontens tersebut. Semua pihak bersepakat bahwa persoalan ini dianggap sudah selesai," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

istimewa

Sri Sultan Minta Kepastian Soal Kepulangan Pemudik

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:15 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta segera ada keputusan pemerintah mengenai para...
MI/Susanto

Polri Harus Tindak Tegas Penyebar Hoaks soal Covid-19

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:08 WIB
Tidak hanya mengamankan lingkungan dan membubarkan kerumunan. Polri juga diminta tegas menindak penyebar hoaks terkait covid-19 yang...
Dok. Kemendagri

Jadwal Tunda Pilkada Serentak Ditentukan Usai Pandemi Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:44 WIB
Tito menegaskan, pihaknya bersama Komisi Pemilihan Umum dam DPR RI akan menentukam jadwal tunda pelaksanaan Pilkada Serentak di 270 daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya