Kamis 13 Februari 2020, 18:26 WIB

Persiapan Matang, Menpora Yakin Papua Sukses Gelar PON 2020

Akmal Fauzi | Olahraga
Persiapan Matang, Menpora Yakin Papua Sukses Gelar PON 2020

Antara/Gusti Tanati
proses renovasi di Stadion Mandala, Jayapura

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menegaskan, progres pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua sesuai rencana. Pesta olahraga empat tahunan itu dipastikan bisa berjalan dengan baik dan kontingen dari seluruh daerah bisa terlayani.

Hal itu disampaikannya usai meninjau persiapan PON di Timika, Merauke dan Jayapura. Amali meminta semua pihak untuk tidak meragukan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON 2020.

"Saya bersama rombongan ke Papua, ada yang ke Timika, Merauke dan Jayapura. Kita meninjau persiapan PON 2020 di Papua. Baik itu persiapan untuk venuenya, tempat pertandingan maupun penginapan serta akomodasi. Apa yang kami lihat, baik Timika, Merauke, Jayapura itu progresnya berjalan sesuai rencana dan kita harap tida ada hambatan,” kata Menpora dalam keterangan resmi, Kamis (13/2).

Menpora berharap, segala aspek yang tengah dikerjakan nantinya bisa melayani para kontingen dari seluruh daerah di Indonesia. Dia meyakini, Papua bisa menjadi ruan rumah yang baik.

“Semua kontingen yang datang akan terlayani dengan baik, bertanding dengan nyaman dan mendapatkan pelayanan dari tuan rumah. Satu hal yang saya perlu disampaikan bahwa melihat dari persiapan yang sudah berjalan ini, secara keseluruhan Papua siap menjadi tuan rumah PON Papua 2020,” terangnya.

Baca juga : Tim Cabor Panahan Provinsi Papua Siap Hadapi PON

Tak hanya PON Papua 2020, Menpora juga optimistis pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2020 juga berjalan dengan baik dan lancar.

“PON sukses, Peparnas juga akan ikut sukses tentunya ya, itu satu paket. PON dilakukan lebih awal. Kita harap ini terus kita gaungkan,” jelas Menpora.

Ihwal keamanan, Menpora mengatakan, baik Polri dan TNI terus bersinergi untuk mengamankan selama pesta olahraga yang berlangsung Oktober 2020 itu, sekaligus menepis segala kekhawatiran.

"Jangan ada keraguan, jangan khawatir, kita sudah saksikan langsung ini. Semua unsur, kita bertekad untuk sukseskan Papua untuk jadi tuan rumah PON,” kata Menpora.

Dalam kunjungannya di Jayapura, Menpora meninjau GOR Gidi, Kompleks Doyo, venue menembak, Istora, Akuatik, hingga Stadion Papua Bangkit.

Baca juga : Venue PON 2020 Harus Dikebut

Setiap kunjungannya, Menpora mengecek secara detil sudut ruangan. Hal itu untuk memastikan proses pengerjaan berjalan dengan baik, sehingga atlet bertanding dengan nyaman.

Hal senada juga dikatakan Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. TNI terus bersinergi dengan Polri hingga masyarakat untuk mensukseskan PON 2020.

“Jadi, kami TNI-Polri siap untuk mengamankan ini. Kami sukseskan dan dukung kelancaran PON,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw juga memastikan PON berjalan dengan sukses, aman, dan nyaman.

“Kami sebagai penanggung jawab keamanan dan kenyamanan, tentu ingin PON berjalan dengan sukses. Kami dengan TNI terus bersinergi,” jelas Kapolda. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More