Kamis 13 Februari 2020, 18:12 WIB

Bakti ke Masyarakat, Polri Gratiskan Operasi Katarak

Tri Subarkah | Humaniora
Bakti ke Masyarakat, Polri Gratiskan Operasi Katarak

MI/TRI SUBARKAH
Bakti sosial, Polri menggelar operasi bibir sumbing dan kaRumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin, Semarang Kamis (13/2).

 

KEPOLISIAN Republik Indonesia (Polri) melaksanakan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis. Kegiatan tersebut dimulai sejak Rabu (12/2). 

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jawa Tengah, Kombes Iskandar F Sutisna, bakti sosial merupakan bentuk kebaktian Polri terhadap masyarakat.

"Untuk peduli bagaimana kesulitan-kesulitan masyarakat di daerah, kalau kita lihat tadi kan dari mereka kurang mampu. Ini kita, negara hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Iskandar di Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin, Semarang, Kamis (13/2).

Menurut Iskandar, pihaknya membuka pintu terhadap pasien dari luar daerah wilayah hukumnya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, ia menyebut sudah ada pasien asal Kalimantan maupun Jakarta yang sudah mendaftar.

"Kita layani semuanya, dari beberapa daerah, silahkan, selagi target belum mencukupi dari screening kan ada yang perawatan dulu, belum memenuhi syarat untuk dioperasi sekarang. Jadi siapa saja masyarakat yang merasa tidak mampu, atau ingin dioperasi di (Rumah Sakit) Polda Bayangkara Jateng kita layani semua," ujar Iskandar.

Baca juga: Kapolri Tegaskan Penerbitan SIM, STNK, BPKB Tetap di Polri

Sementara itu, Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Jawa Tengah, Kombes Tri YP menyebut pelayanan kesehatan gratis yang diberikan antara lain operasi katarak, operasi bibir sumbing, sunatan masal, penyuluhan gigi, pemeriksaan laboratorium, dan donor darah.

"Yang dilaksanakan di sini (Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin) adalah operasi katarak dan bibir sumbing. Untuk yang lainnya dilaksanakan di Blora," terang Tri.

Tri menambahkan bahwa bakti sosial yang dilakukan pihaknya untuk membuka mata masyarakat bahwa kerja pihak kepolisian tidak hanya perkara memberantas kejahatan.

"Jangan sampai masyarakat kesannya Polri itu penegak hukum, menangkap pencuri, menangkap penjahat, bukan itu saja. Kita juga ada rasa kemanusiaan, kepedulian Polri kepada masyarakat dalam hal ini diwujudkan dalam bentuk bakti sosial," tandas Tri. (A-2)

Baca Juga

Ist/Kemendikbud

Kemendikbud Gelar Bincang Aku, Kamu, Dia dan Pancasila 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 09:21 WIB
Hilmar Farid menjelaskan bahwa semangat gotong royong dapat menentukan seberapa cepat bangsa Indonesia dapat menyelesaikan segenap...
MI/PIUS ERLANGGA

BPJS Perkenalkan Program JKN-KIS ke Dunia Internasional

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 02 Juni 2020, 08:59 WIB
Kehadiran Program JKN-KIS telah membuka akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, sehingga banyak dimanfaatkan oleh...
ANTARA/GALIH PRADIPTA

Pemda Diminta Segera Tetapkan Juknis PPDB 2020

👤Gana Buana 🕔Selasa 02 Juni 2020, 05:25 WIB
Selain penetapan zona, kuota, dan jalur penerimaan, pedoman teknis tersebut juga harus mengatur tata cara PPDB di masa darurat pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya