Kamis 13 Februari 2020, 17:14 WIB

Kenduri Kebangsaan untuk Bangkitkan Semangat Aceh

Atikah Ishmah Winahyu | Nusantara
Kenduri Kebangsaan untuk Bangkitkan Semangat Aceh

MI/ANDRI WIDIYANTO
Direktur Eksekutif Yayasan Sukma Ahmad Baedowi, Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem T. Taufiqulhadi, dan Ketua Forbes M. Nasir Djamil

 

YAYASAN Sukma dan Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR RI dan DPD RI dari Aceh bekerja sama menggelar acara Kenduri Kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun Aceh pada 22 Februari 2020 mendatang.

Steering Committee Kenduri Kebangsaan Teuku Taufiqulhadi mengatakan, gagasan untuk menggelar Kenduri Kebangsaan ini muncul dari diskusi/pembicaraan santai para tokoh asal Aceh. Acara ini ditujukan bagi masyarakat dengan mengangkat nilai kebudayaan Aceh.

“Setelah dalam perjalanan maka kita bersama-sama merumuskan Kenduri Kebangsaan. Nama Kenduri menunjukkan ada sifat melibatkan masyarakat,” kata Taufiq dalam konferensi pers di Mess Aceh, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forbes Muhammad Nasir Djamil menuturkan, kenduri merupakan acara kemasyarakatan yang paling menonjol di Aceh dan melibatkan seluruh strata sosial. Kenduri Kebangsaan menjadi bagian dari konsolidasi kebangsaan yang bertujuan untuk mempererat persatuan seluruh elemen di Aceh dan para pemangku kepentingan.

Meskipun Aceh memiliki keistimewaan dari segi politik dengan adanya partai lokal dan lembaga keistimewaan Aceh, namun pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial-keagamaan di Aceh belum sepenuhnya pulih.

Kegiatan ini memiliki urgensi untuk mengembalikan semangat masyarakat Aceh dan segenap elemen pemangku kebijakan, termasuk ulama dan elite politik di Aceh agar dapat membangkitkan kembali posisi kesejarahan Aceh dalam konteks NKRI melalui keteladanan para pejuang Aceh.

“Mudah-mudahan ini adalah bagian dari energi positif untuk menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini,” ujar Nasir.

Direktur Yayasan Sukma Ahmad Baedowi yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, Kenduri Kebangsaan mengusung tiga tema pokok yang tidak dapat dipisahkan yaitu, ke-Aceh-an, ke-Islam-an, dan ke-Indonesiaan. Rencananya, acara ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, 11 Menteri RI, tokoh-tokoh Aceh, serta ditargetkan dapat melibatkan 5000 masyarakat.

Nantinya, Yayasan Sukma dan Forbes juga akan memberikan sejumlah rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo saat hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan. Rekomendasi yang menyangkut aspek ke-Aceh-an tersebut merupakan hasil dari kajian akademik yang dilakukan sebelum acara utama berlangsung.

“Saya kira implementasi dari kegiatan ini bukan hanya aspek kendurinya tetapi juga ada rekomendasi-rekomendasi konkret yang akan kita bawakan nanti pada saat Presiden Jokowi nanti hadir di sekolah Sukma Bangsa,” tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Warga Brebes Pemudik dari Tangerang Meninggal di Tegal

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 03 April 2020, 18:47 WIB
Dedy menambahkan, jumlah total Orang Dalam Pantauan (ODP) sampai hari ini sebanyak 148 orang, 141 orang berstatus masih dalam pantauan dan...
MI/Lilik Dharmawan

Wakil Bupati Banyumas ke Pasien Sembuh Korona: Jangan Ngeyel

👤Lilik Dharmawan 🕔Jumat 03 April 2020, 18:37 WIB
Saat dipulangkan, sejumlah warga menyambutnya, karena memang penyambutan...
MI/Solmi

Khawatir Virus Korona, Orang Rimba Memilih Masuk Hutan lagi

👤Solmi 🕔Jumat 03 April 2020, 18:30 WIB
Orang Rimba, jelas dia, menyebut virus korona sebagai gelaba godong atau wabah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya