Kamis 13 Februari 2020, 15:00 WIB

Rekayasa KRL Baru Besok, Hari ini Normal

Sri Utami | Megapolitan
Rekayasa KRL Baru Besok, Hari ini Normal

Antara
Sebanyak 45 perjalanan KRL berakhir di Stasiun Manggarai

 


PERBAIKAN atau revitalisasi prasarana penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota baru dilakukan pada Kamis malam (13/2) pukul 23.20 Wib. Jadwal perjalanan KRL hari ini masih normal

"Sampai saat ini masih normal. Belum diberlakukan rekayasanya, baru besok karena pekerjaan wesel baru dilakukan nanti malam," jelas Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Kamis (13/2).

Revitalisasi tersebut, ungkap Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah untuk meningkatkan pelayanan yang mengutamakan keselamatan, serta meminimalisir terjadinya gangguan perjalanan Kereta Api (KA). Proses pengerjaan revitalisasi akan berlangsung selama 11 hari, mulai 13 - 23 Februari.

"Secara keseluruhan penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan perjalanan KA. Wesel yang selama ini dipakai sudah saatnya diganti, untuk Wesel di Stasiun Gambir sudah beroperasi sejak tahun 1992, sedangkan wesel di Stasiun Jakarta Kota terakhir diganti pada tahun 1970, bahkan materialnya sudah tidak diproduksi lagi,” jelasnya.

Wesel pada jalur rel kereta api merupakan salah satu elemen prasarana penting bagi perjalanan kereta api (Perka) yang berfungsi untuk memindahkan jalur kereta api. Nantinya terdapat dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, yakni Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda) dan empat wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.

Penggantian wesel di Stasiun Gambir, jelas dia, juga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas pergantian jalur pada saat KA melintas di stasiun tersebut.

"Nantinya dengan wesel baru maka ke empat jalur di Stasiun Gambir dapat dilalui KA untuk mengarah ke Jakarta Kota. Kondisi ini dapat menjadi solusi untuk mengurai antrian KA lintas Manggarai - Jakarta Kota," tuturnya.

Selama proses pekerjaan berlangsung dari 281 perjalanan KRL  menuju Jakarta Kota terdapat sekitar 45 perjalanan yang akan direkayasa yakni diberlakukan pola operasi berakhir di Stasiun Manggarai.

"Adapun dari 45 perjalanan tersebut 25 diantaranya KRL dari Bekasi/Cikarang dan 20 perjalanan KRL dari Bogor/Depok menuju Jakarta Kota," tukasnya. (OL-13).

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More