Kamis 13 Februari 2020, 15:30 WIB

Canggih, Robot Damkar Milik Pemprov DKI Bisa Masuk Gang Kecil

Yanti Nainggolan | Megapolitan
Canggih, Robot Damkar Milik Pemprov DKI Bisa Masuk Gang Kecil

ANTARA/Aprillio Akbar (STR)
Petugas mengoperasikan robot damkar LUF 60 saat didemontrasikan di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Duri Pulo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

 

DINAS Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta membeli dua robot pemadam kebakaran (damkar). Salah satunya model LUF60 yang bisa masuk gang kecil.

"LUF60 itu bisa masuk ke gang-gang kecil. Dia bisa menyedot asap dan pemadaman juga," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Kamis (13/2).

Baca juga: DKI Uji Coba Robot Damkar

LUF60 berukuran 135 cm sehingga diprioritaskan untuk mengatasi kebakaran di terowongan MRT atau LRT. Robot tersebut mampu menyemprotkan air dalam bentuk water fog, water canon dan foam dengan jangkauan mencapai 70-80 meter.

Robot tersebut mempunyai built in pompa atau tenaga pompa eksternal. Artinya bisa dioperasikan secara independen dengan sumber air dari hidran pilar atau sumber air lain.

Robot seharga Rp8 miliar tersebut mampu menggeser material kebakaran dengan berat maksimal 600 kg untuk mempermudah menjangkau sumber api. Robot asal Austria tersebut menggunakan baterai yang dapat bertahan selama 6 jam dan tetap dapat digunakan saat mesin beroperasi.

"Ini kan menggunakan remote kontrol, dari remote kontrolnya berjarak antara 500 meter sampe 1 km," imbuh dia.

Dengan demikian, tambah dia, tingkat keselamatan petugas damkar juga lebih baik dan durasi pemadaman akan lebih cepat. (Medcom.id/OL-6)

VIDEO TERKAIT:

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More