Kamis 13 Februari 2020, 08:45 WIB

Jembatan Timbang Tanjung Gelar Razia di Jalur Pantura

Supardji Rasban | Nusantara
Jembatan Timbang Tanjung Gelar Razia di Jalur Pantura

MI/Supardji Rasban
Petugas UUPKB Tanjung Brebes sedang mengukur dimensi kendaraan.

 

UNTUK meminimalisasi kerusakan jalan, terutama di jalur Pantura, seiring hujan yang terus mengguyur, Jembatan Timbang Tanjung di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah gencar melakukan razia.

Sejak Januari hingga mamasuki pertengahan Februari 2020, tercatat 153 kendaraan ditilang. Kendaraan tersebut ditilang lantaran overload atau overdimensi.

Koordinator Satuan Pelayanan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Tanjung Lilik Hartanto merinci dari 153 kendaraan yang ditilang, 122 ditilang selama Januari. Sedangkan hingga mendekati pertengahan Februari ini sedikitnya 31 kendaraan sudah ditindak.

"Kegiatan ini bertujuan mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang disebabkan karena kendaraan menyalahi aturan overdimensi overload (ODOL)," ujar Lilik, Rabu (13/2).

Lilik menyebut razia kendaraan juga untuk menjaga sarana dan prasarana jalan raya agar terjaga dan tidak cepat rusak.

Baca juga: Pemkab Tegal Beri Kemudahan Investasi

"Setiap angkutan kan sudah memiliki aturan ODOL-nya. Jadi, jika melebihi aturan itu kita lakukan penindakan (tilang)," jelasnya.

Lilik menerangkan operasi ODOL merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan setiap tahunnya. Bahkan, tahun lalu, dari periode April-Desember 2019, jumlah kendaraan yang ditilang mencapai 1.050 unit. Semuanya karena overload/overdimensi.

"Operasi ini juga untuk menciptakan situasi berkendara yang nyaman dan aman dan tidak membahayakan bagi pengguna lainnya," tuturnya.

Kanit VI PJR Tegal Dirlantas Polda Jateng AKP Riswanto menyampaikan razia dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan di jalanan yang disebabkan muatan yang berlebihan. Selain itu, operasi itu juga bertujuan menjaga sarana prasarana.

"Razia juga dimaksudkan untuk tetap menjaga infrastrukur jalan agar terawat dan tidak mudah rusak," ucap Riswanto. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Usai Bulan Madu di Malaysia, Pengantin Pria Positif Covid-19

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:40 WIB
Warga di Aceh ke lima yang positif virus korona atau  Covid-19 ternyata usai berbulan madu di negeri jiran. Istrinya kini dalam...
Dok.MI

Dua Pasien Covid-19 di Sidoarjo Meninggal Dunia

👤Heri Susestyo 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:01 WIB
Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) akibat covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur bertambah dua...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Pedagang Wajib Jual Sembako Selama Pandemi Korona

👤Palce Amalo 🕔Senin 30 Maret 2020, 12:57 WIB
Pedagang di Kabupaten Rote Ndao yang berjualan di pasar diwajibkan hanya menjual bahan kebutuhan pokok (sembako) sesuai harga yang berlaku...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya