Kamis 13 Februari 2020, 08:30 WIB

Andre Rosiade Bisa Dipecat dari Gerindra

Thomas H Suwarta | Politik dan Hukum
Andre Rosiade Bisa Dipecat dari Gerindra

MI/Susanto
Anggota DPR RI, Andre Rosiade.

 

WAKIL Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono menegaskan Andre Rosiade bisa dipecat jika terbukti melanggar garis perjuangan partai. Pernyataan itu menyusul aksinya menjebak pekerja seks komersial (PSK) berinisial NN di Padang, Sumatra Barat.

"Tugas Mahkamah Partai memang mengonfirmasi kejadian sebenarnya seperti apa. Tentu saja jika Andre terbukti bersalah dan melenceng dari program partai serta mencoreng martabat partai, hukumannya bisa dipecat," kata Poyuono di Jakarta, kemarin.

Partai Gerindra, kata Poyuono, tidak memiliki program melakukan penggerebekan seperti yang dilakukan Andre. Menurut Poyuono, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto hanya berpesan setiap kader harus membela masyarakat yang terzalimi karena ekonomi.

"Kalau kita lihat kasus PSK ini harusnya yang dibela Andre, untuk dicarikan jalan keluarnya bagaimana dia bisa mendapat pekerjaan lain dan berhenti jadi PSK. Mereka ini orang yang terzalimi, yang harus dibela kader Gerindra, termasuk Andre, bukan malah menjebloskan mereka ke penjara," papar Puyono.

Sebagaimana diketahui Andre memenuhi panggilan Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra pada Selasa (11/2). Andre dimintai keterangannya akan aksi penggerebekan PSK berinisial NN di Padang pada 26 Januari lalu.

Di Mahkamah Kehormatan, Andre mengaku hanya memberikan keterangan dan menyerahkan 10 rangkap bukti ke Mahkamah Kehormatan.

"Saya sudah memberikan keterangan dan kronologis seutuhnya kepada Mahkamah Kehormatan," kata Andre di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Selasa (11/2).

Selain dipanggil Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra, Andre pun dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI terkait dengan aksinya.

"Kami menahan diri (pemanggil Andre), walaupun kami tahu hari ini sudah ada laporan ke Bareskrim (Badan Reserse Kriminal)," kata anggota MKD Arteria Dahlan.

MKD berencana memanggil Andre setelah Andre hadir di Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra. Arteria mengatakan MKD bakal mencocokkan pernyataan Andre saat dimintai keterangan nanti. Pengakuan Andre akan disamakan dengan fakta yang ditemukan di lapangan.

Terkait dengan pemanggilan Andre di MKD, Partai Gerindra tidak akan mendampingi politikus tersebut. (Ths/Medcom/P-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More