Kamis 13 Februari 2020, 00:50 WIB

Hubungan RI-Australia Diperingati

Hubungan RI-Australia Diperingati

Ist

 

KEDUTAAN Besar Australia di Jakarta kemarin meluncurkan situs web 70 Tahun, 70 Cerita dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia. Situs www.70yearsIndonesiaAustralia.com itu antara lain merayakan tokoh-tokoh Australia dan Indonesia yang telah berkontribusi dalam hubungan kedua negara.

Situs tersebut menyajikan informasi tentang sejarah maupun acara yang sedang di­selenggarakan dan menjadi sumber informasi perpustakaan multimedia, termasuk di dalamnya film dokumenter Indonesia Calling dan Batavia 1945.

Isinya juga termasuk cerita dari tokoh-tokoh terkemuka Indonesia, mulai dari Dubes Indonesia pertama untuk Australia yaitu Raden Usman Sastroamidjojo hingga alumnus Australia yang juga Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo, pemenang penghargaan Alumni of the Year tahun 2019 dari Pemerintah Australia.

“Sebagai tetangga, Indonesia dan Australia memiliki sejarah bersama yang panjang yang tidak diketahui secara luas sebagaimana mestinya,” kata Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia Allaster Cox dalam siaran pers yang diterima, kemarin.


Rusia dan Palestina

Terpisah, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva kemarin menyoroti masalah Palestina dan Israel.

Vorobieva menyatakan, kedua pihak yang terlibat dalam konflik harus menentukan sendiri solusi perdamaian berkepanjangan yang dapat disepakati.

“Masyarakat Palestina dan Israel harus membuat keputusan terakhir tentang solusi perdamaian yang langgeng karena berkaitan dengan masa depan mereka,” kata Dubes Vorobieva dalam taklimat untuk pers yang digelar di kediaman resminya di Jakarta, kemarin.

Dubes Lyudmila menegaskan pemerintahnya juga masih mengkaji rencana Perdamaian Timur Tengah yang diusulkan Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu.

“Semua dokumen kesepakatan dalam upaya perdamaian di Timur Tengah harus berdasarkan kerangka hukum internasional, seperti Resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB, Madrid Principles, dan Inisiatif Arab,” tegasnya. (Nur/Ant/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More