Kamis 13 Februari 2020, 00:25 WIB

New Hampshire di Tangan Sanders

Nur Aivanni | Internasional
New Hampshire di Tangan Sanders

AFP
Bernie Sanders

 

BERNIE Sanders kemarin unggul dari para kandidat calon presiden Partai Demokrat lainnya dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di New Hampshire. San­ders memiliki 26% suara dengan sebagian besar dihitung di negara bagian timur laut tersebut.

“Biarkan saya mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada masyarakat di New Hampshire atas kemenangan besar malam ini,” kata Sanders kepada para pendukung yang bersorak setelah NBC dan ABC menyebut hasilnya sesuai keinginannya.

“Kemenangan di New Hampshire ialah awal dari akhir untuk Donald Trump,” tambahnya.
Sanders juga menekankan, Demokrat harus mendukung siapa pun yang akhirnya dinobatkan sebagai kandidat calon presiden.

Sementara itu, para pendukung Sanders bersorak gembira saat mendengar tokoh pujaan mereka menang.

“Ini sungguh luar biasa. Saya rasa ini adalah saatnya Amerika berubah menjadi lebih baik,” ungkap Ayesha Wadhawan, 26, seorang pengajar yang menjadi sukarelawan kampanye Sanders di New Hampshire.

Sementara itu, Brian Conroy, yang sehari-hari merupakan seorang seniman, datang ke pesta kemenangan Sanders karena merasa ini ialah keberhasilan kelas pekerja A­merika. “Kalau ini adalah sejarah, saya ingin jadi bagian darinya,” tutur pria 41 tahun itu.

Pada 2016, Sanders juga berhasil unggul di New Hampshire dan mengalahkan Hillary Clinton. Saat itu ‘revolusi politik’ yang dicanangkannya hampir saja menjadi kenyataan.

Saat ini, yang juga menjadi fenomena ialah banyaknya anak muda yang mendukung Sanders, selain tentunya kalangan kelas menengah dan dewasa. “Saya tentu akan mendukung siapa pun yang bisa mengalahkan Trump,” ujar Alyssa Maston, 22.


Buruk untuk Biden

Mantan Wali Kota Indiana, Pete But­tigieg, berada di posisi kedua dengan perolehan suara 24% saat sebelumnya meraih suara yang baik di Iowa.

“Sekarang kampanye kami bergerak ke Nevada, ke South Carolina, ke komunitas di seluruh negara kami. Dan kami akan menyambut sekutu baru untuk gerakan kami di setiap langkah,” kata Buttigieg.

Sementara itu, Amy Klobuchar berada di urutan ketiga dengan suara sekitar 20% dan diikuti Elizabeth Warren di urutan keempat dengan sekitar 9%.

Para pakar percaya bahwa para pemilih akan mulai memperhatikan Buttigieg setelah dua kontestasi pembuka yang berakhir mengesankan. Sementara itu, popularitas Klobuchar di New Hampshire pun melonjak setelah perdebatan kuat pada Jumat (7/2).

Hasil buruk diraih mantan Wakil Presiden AS era Barack Obama, Joe Biden. Hasil suaranya di New Hampshire berjalan tidak baik sebagaimana yang terjadi dalam kaukus Iowa. Kali ini Biden ­menempati posisi kelima dengan suara hanya sekitar 8%. Hasil tersebut akan menjadi pukulan berat bagi Biden yang belum berhasil menunjukkan perubahan berarti di kancah persaingan Demokrat.

Sementara itu, pengusaha teknologi Andrew Yang dan Senator Colorado, Michael Bennet, akhirnya memilih mundur akibat mereka gagal meraih suara signifikan di New Hampshire.
“Anda tahu saya orang matematika dan jelas malam ini, dari angka-angka yang ada, bahwa kita tidak akan memenangi kontestasi ini,” kata Yang. (AFP/X-11)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More