Rabu 12 Februari 2020, 20:23 WIB

Jembatan Cinta Karawang-Bekasi Dibiayai Dana Urunan

Cikwan Suwandi | Nusantara
Jembatan Cinta Karawang-Bekasi Dibiayai Dana Urunan

MI/Cikwan S
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja

 

PEMERINTAH Kabupaten Karawang dan Pemerintah Kabupaten Bekasi meresmikan jembatan penghubung dua kabupaten. Pembangunan jembatan senilai Rp85 miliar tersebut dilakukan secara gotong royong.

"Pembangunan ini terjalin karena eratnya persahabatan kita dengan dua pemerintahan," kata Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana disela peresmian jembatan penghubung Kecamatan Rengasdengklok, Karawang dan Kecamatan Pebayuran, Bekasi, Rabu (12/2).

Cellica mengatakan Rengasdengklok dan Pebayuran memiliki hubungan yang kuat. Sejak dahulu hubungan perekonomian hingga perjodohan  dua masyarakat tersebut sudah terjalin lama.

"Sejak puluhan tahun mereka menyebrang melalui perahu penyebrangan. Dari sana perekonomian keduanya berjalan. Hingga banyak juga pernikahan antara warga Rengasdengklok dan Pebayuran. Tetapi kita juga akan memikirkan kompensasi untuk pelaku usaha penyebrangan sekitar yang sudah ada puluhan tahun," kata Cellica.

Jembatan tersebut saat ini belum diberi nama, dua bupati kabupaten itu berencana akan membahas nama untuk jembatan tersebut.

"Tentu namanya harus yang bersejarah. Dahulu Soekarno dibawa ke Rengasdengklok. Karena ada pertimbangan dekatnya dengan Kabupaten Bekasi melalui Pebayuran," ucapnya.

Sementara itu Plt Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan jembatan penghubung Rengasdengklok dan Pebayuran itu akan membawa berkah dan peningkatan ekonomi untuk dua masyarakat.

"Jembatan ini adalah kebahagian untuk masyarakat di dua kabupaten," ucapnya.

Seperti diketahui jembatan itu dibangun sejak 2017. Pemkab Karawang mengeluarkan anggaran hingga Rp39 miliar dengan panjang jembatan yang dibangun mencapai 308,5 meter. Diseberangnya, Kabupaten Bekasi Rp22 miliar dan dibantu anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp24,7 miliar untuk membangun jembatan sepanjang 909 meter.

Panjang jembatan tersebut membentang sepanjang 1.217 meter di tengah Sungai Citarum yang menjadi pemisah antara Karawang dan Bekasi. (OL-13)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More