Rabu 12 Februari 2020, 12:05 WIB

Danone SN Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM

mediaindonesia.com | Humaniora
Danone SN Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM

Istimewa
Peluncuran Laporan Keberlanjutan di Kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/2).

 

PEMERINTAH Indonesia sedang memfokuskan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Untuk mendukung tercapainya kualitas SDM yang diharapkan, kesehatan masyarakat Indonesia harus berkualitas melalui gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

Dalam mewujudkan kualitas SDM yang mumpuni, tidak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi semua pihak termasuk perusahaan swasta atau dunia usaha turut berperan. Terkait hal tersebut, Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia meluncurkan Laporan Berkelanjutan periode 2017-2018.

Laporan Keberlanjutan itu menunjukkan bagaimana Danone SN Indonesia menjaga keberlangsungan berbagai aspek keberlanjutan di setiap proses bisnis hingga berbagai inisiatif sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Peluncuran laporan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan kunjungan media dan pemangku kepentingan ke Pabrik Danone SN Indonesia di Kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/2).

Dengan Laporan Keberlanjutan, perusahaan dapat menyuarakan kontribusi langsung maupun tidak langsung dari inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan.

Laporan itu menunjukkan komitmen Danone SN dalam memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke sebanyak orang dan berkontribusi positif pada terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.

Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia menyatakan,“Kami berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan.”

Menurut Connie Ang, sebagai perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangka panjang.

“Kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dari misi Danone ‘One Planet One Health’,’” ucapnya.

Lebih lanjut Connie Ang mengatakan,“Kami ingin terus mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, yang telah menjadi keahlian kami sejak kami berdiri. Kami tidak ingin anak-anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun akses makanan bergizi.”

“Sejalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, kami hadir untuk membantu menjaga kesehatan manusia, terutama di Indonesia, mendapatkan gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki,” paparnya.

Terkait Laporan Berkelanjutan, Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari International Society of Sustainability Professionals (ISSP) Indonesia mengatakan,”Kami patut mengapresiasi langkah dunia usaha, termasuk Danone SN Indonesia, dalam mewujudkan nilai transparansi dan akuntabilitas perusahaan melalui laporan keberlanjutan ini.”

Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia mengatakan, “Laporan Keberlanjutan kami ini mencakup enam pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab kami dalam hal riset dan inovasi, lingkungan, pemberdayaan komunitas, kepatuhan, kualitas, serta karyawan.”

Kontribusi Danone SN memiliki program edukasi Danone SN seperti kampanye ‘Isi Piringku’ telah memberikan manfaat bagi lebih dari 7.000 orang tua dan 700 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Danone SN Indonesia juga memberikan cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan dan 10 hari bagi karyawan pria yang istrinya melahirkan sebagai bentuk dukungan pemberian ASI eksklusif.

Di berbagai kantor dan pabrik Danone SN juga tersedia ruang laktasi dan klinik kesehatan untuk memastikan kesejahteraan ibu dan karyawan yang menyusui.

Sebagai salah satu mitra Danone Indonesia dalam pelaksanaan program berkelanjutan, Dr. Ir.  Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, “Kami dari FEMA IPB sangat senang dapat ikut berkolaborasi dalam program-program keberlanjutan, khususnya program edukasi nutrisi yang dilakukan oleh Danone SN dalam upaya untuk peningkatan gizi masyarakat Indonesia.

“Salah satunya adalah melalui program ‘Isi Piringku’ yang bertujuan untuk mengedukasi orang tua, anak-anak, serta guru PAUD dan TK. Bersama Danone SN, kami mengembangkan panduan gizi seimbang yang mencakup kebutuhan gizi anak serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat,” papar Dwi Hastuti. (OL-09)

 

Baca Juga

AFP Photo

Kemenag Siap Hadapi Seluruh Skenario soal Pelaksanaan Haji 2020

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 01 April 2020, 23:36 WIB
Menurutnya, surat itu belum secara jelas menyebutkan dibatalkannya haji, hanya penundaan membuat kontrak haji bagi...
Dok.Frisian Flag

Lawan Virus Korona, Masyarakat Diimbau Penuhi Kebutuhan Nutrisi

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 22:35 WIB
Pemerintah bisa mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka dengan mengonsumsi makanan yang...
Dok.SOHO

BNPB Apresiasi para Pendonor untuk Tim Medis Covid-19

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 21:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo meminta seluruh lapisan masyarakat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya