Rabu 12 Februari 2020, 20:05 WIB

F1 GP Tiongkok 2020 Ditunda Karena Wabah Korona

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
 F1 GP Tiongkok 2020 Ditunda Karena Wabah Korona

AFP
Penggemar mengambil foto mobil balap Renault saat melakukan pertunjukan langsung mobil di acara penggemar Formula One di Shanghai.

GRAND Prix Tiongkok yang menjadi seri keempat balapan Formula 1 musim 2020 ini resimi ditunda lantaran adanya wabah korona.

Pihak F1 dan Federasi Balap Internasional (FIA) telah menerima permintaan dari promotor terkait penundaan terhadap semua ajang olahraga karena wabah virus korona.

Pasalnya, virus mirip flu itu telah menewaskan lebih dari 1.100 orang dan menginfeksi lebih dari 44.000 di Tiongkok setelah pertama kali muncul di Wuhan akhir tahun lalu.

Perlombaan awalnya akan diadakan pada 19 April tetapi sekarang telah ditunda dengan waktu yang belum ditentukan.

"Grand Prix Tiongkok 2020, yang telah dijadwalkan 17-19 April, telah ditunda sebagai akibat dari wabah korona," bunyi pernyataan FIA.

Pihak FIA melakukan penundaan balapan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan staf perjalanan, peserta dan penggemar F1. FIA tidak ingin mengambil risiko dengan memaksakan balapan tetap berjalan di Tiongkok.

"Formula 1 dan FIA akan terus bekerja sama dengan tim, promotor balapan, CAMF dan pihak berwenang setempat untuk memantau situasi yang berkembang, dengan semua pihak,” tulis FIA.

Baca juga: Ferrari Tegaskan Vettel Tetap Pilihan Pertama

FIA bersama pihak penyelenggara akan mempelajari situasi agar menemukan tanggal alternatif yang potensial untuk Grand Prix Tiongkok tetap diadakan tahun ini.

"Grand Prix Tiongkok selalu menjadi bagian yang sangat penting dari kalender F1 dan para penggemar selalu luar biasa," tulis Formula 1.

"Kita semua berharap untuk balapan di Tiongkok bisa digelar secepat mungkin dan berharap semua orang di negara ini bisa melewati masa sulit ini.”

Dengan rekor 22 balapan yang dijadwalkan untuk musim 2020, akan sulit untuk mengatur ulang jadwal balapan di sela-sela balapan.

Tidak adanya balapan di Tiongkok akan meninggalkan jarak empat minggu antara Grand Prix Vietnam pada 5 April dan Grand Prix Belanda pada 3 Mei.

Di sisi lain, sejumlah acara olahraga internasional telah dibatalkan karena wabah korona. Salah satunya ialah seri balap Formula E yangmembatalkan rencana untuk balapan di kota Sanya, Tiongkok, maret mendatang. (Eurosport/A-2)

Baca Juga

AFP

Efek Korona, Federer Atlet Terkaya 2020

👤Ant 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:31 WIB
"Pandemi virus korona memicu pemotongan gaji bagi bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis naik peringkat...
AFP

Akui Berkomunikasi dengan Ferrari

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 01:15 WIB
DANIEL Ricciardo mengakui dirinya menjalin komunikasi yang intens dengan Ferrari sebelum resmi pindah ke McLaren untuk musim...
Antara

Kemenpora Susun Draft Protokol New Normal Covid-19

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 20:16 WIB
Kemeterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menyusun draft protokol untuk menggelar kegiatan latihan dan kompetisi/pertandingan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya