Rabu 12 Februari 2020, 19:30 WIB

Tuai Kecaman, Kepala BPIP Yudian Wahyudi Klarifikasi Pernyataan

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
 Tuai Kecaman, Kepala BPIP Yudian Wahyudi Klarifikasi Pernyataan

MI/ARDI TERISTI HARDI
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi

 

KEPALA Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengklarifikasi polemik pernyataannya mengenai hubungan Pancasila dan agama. Yudian menyatakan tidak bermaksud mempertentangkan antara agama dan Pancasila.

"Yang saya maksud bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin. Pancasila itu agamis karena kelima sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam kitab suci keenam agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI,” kata Yudian melalui keterangannya yang diterima Media Indonesia, Rabu (12/2).

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta itu menyebut agama sebagai musuh terbesar Pancasila.

Yudian menjelaskan konteks pernyatannya ialah pada kenyataannya Pancasila kerap dihadap-hadapkan dengan agama oleh pihak tertentu yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrem. 

Baca juga: Pernyataan Kepala BPIP Soal Agama Musuh Pancasila Dinilai Ngawur

Ia menyoroti orang-orang tertentu yang kerap mempertentangkan Pancasila dan agama. Pihak tertentu itu, sambungnya, juga kerap mengklaim sebagai mewakili pandangan mayoritas meski sebenarnya tidak.

"Dalam konteks ini lah 'agama' dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas. Bahkan setiap orang beragama. Padahal Pancasila dan agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung. Jadi, hubungan antara Pancasila dan agama harus dikelola sebaik mungkin," ujarnya.

Sebelumnya sejumlah kalangan mengkritik pernyataan Yudian lantaran dinilai tidak sensitif dan dianggap ahistoris.

Yudian saat ini genap satu minggu menjabat Kepala BPIP. Ia baru dilantik Presiden Jokowi, Rabu (5/2) pekan lalu. Yudian saat ini menjabat rektor UIN Sunan Kalijaga dan juga merupakan guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga. (A-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More