Rabu 12 Februari 2020, 17:51 WIB

Kisruh PAN Dianggap Cermin Kebobrokan Partai

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Kisruh PAN Dianggap Cermin Kebobrokan Partai

Antara
Kericuhan di Kongres PAN

 

KISRUH ynag terjadi pada kongres PAN di Kendari merupakan cermin citra buruk partai politik (parpol) di Indonesia. Hal itu dianggap sebagai tamparah bagi PAN.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, pada dasarnya citra buruk parpol di Indonesia sudah ada sejak setidaknya sepuluh tahun terakhir. Kisruh PAN hanya memperjelas bobroknya parpol Indonesia di mata publik.

"Kalau kita lihat dari hasil survey terkait penilaian publik pada lembaga negara atau aktor politik parpol itu menempati posisi yang selalu hampir paling rendah," ujar Yunarto.

Penilaian buruh itu terjadi akibat berbagai hal yang dilakukan parpol. Mulai dari korupsi, politik dinasti, hingga kinerja buruk di parlemen.

"Kisruh PAN jadi memperlihatkan kalau ketika perebutan kekuasaan mereka bisa menunjukkan watak aslinya seperti itu. Bahwa pada kondisi tertentu mereka menunjukkan aksi kekanak-kanakannya. Jadi seperti preman politik," ujar Yunarto.

 

Baca juga: Hatta Rajasa Jadi Ketua MPP PAN, Amien Rais ke Mana?

 

Ia berpendapat bahwa kirsuh kongres PAN dapat dikatakan sebagai tamparan bagi PAN, khususnya Amien Rais. Hal itu mengingat klaim Amien Rais bahwa ia adalah tokoh reformasi dan PAN merupakan pelopor reformasi.

"Buat saya apa yang ditunjukkan kemarin sangat memalukan," ujar Yunarto.

Ia mengatakan Kisruh itu juga merupakan bukti nyata kegagalan Amien Rais. Sebagai tokoh senior PAN, ia tidak bisa membangun partai yang dewasa dalam berdemokrasi. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More