Rabu 12 Februari 2020, 17:14 WIB

Jasa Tirta Normalisasi Kali Surabaya

Faisol Taselan | Nusantara
Jasa Tirta Normalisasi Kali Surabaya

Antara
Kali Kedurus Surabaya

 

MENGANTISIPASI banjir yang kerap terjadi di wilayah Surabaya, Perum Jasa Tirta (PJT) I bersama Pemerintah Kota Surabaya, mulai melakukan normalisasi muara Kali Kedurus Surabaya yang berada sekitar 100 meter dari Pintu Air Gunung Sari.

''Kali Kedurus itu berfungsi untuk mengalirkan air di wilayah Mayjen Sungkono yang selama ini kita ketahui jika hujan lebat jadi wilayah
langganan banjir,'' kata Kepala Devisi Jasa Asa II PJT I, Arief Budiantono di Surabaya, Rabu (12/2).

Menurut Budi, poin utama dari kegiatan ini adalah menyiapkan tempat, sehingga aliran air cepat terbuang ke Kali Surabaya dan tidak mnggenang.

''Beberapa waktu lalu, Mayjen Sungkono banjir dengan kedalaman hingga 60 sentimeter, pompa yang disiapkan Pemkot Surabaya tidak mampu mengatasi, kemungkinan karena adanya sedimentasi di muara, sehingga air dari selokan harus antre, itu yang meyebabkan banjir,'' jelasnya.

Selain pengerukan di muara Kali Kedurus, PJT I juga berencana melakukan pengerukan pada 10 Februari  di Kali Surabaya Hilir, tempatnya di hulu Pintu Air Jagir.  

''Di sana kita lakukan pengerukan bersama Pemkot Surabaya dari dinas PU Bina Marga,'' katanya.
 
Selain itu, wilayah Kalimas juga menjadi target pengerukan, dengan total waktu pengerjaan sekitar 20 hari menggunakan lima ekskavator.

''Tujuannya sama, untuk menyiapkan tempat air, jadi saat terjadi curah hujan tinggi, bisa masuk ke Kalimas, selanjutnya kita alirkan ke laut,'' ujarnya.
      
Meski curah hujan cukup tinggi sejak Januari kemarin, namun lanjut Arief, Kali Surabaya masih cukup aman untuk menampung curah hujan yang dikirim dari pintu air Mlirip Mojokerto dan drainase Kota Surabaya.
      
''Semua penanganan aliran sungai, kami bicarakan bersama Pemkot Surabaya, sehingga antisipasi bisa dilakukan termasuk menyiapkan aliran sungai,'' katanya.(OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/WAHYU PUTRO

Kota Bengkulu Gratiskan Rapid Test

👤Marliansyah 🕔Minggu 12 Juli 2020, 15:45 WIB
Dinas Kesehatan Kota Bengkulu tidak memungut biaya bagi warga yang melakukan rapid test di kantor...
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Sambut Tahun Ajaran, Guru dan Siswa di Babel Jalani Rapid Test

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 12 Juli 2020, 14:45 WIB
Jika sekolah hendak menerapkan sistem belajar tatap muka maka siswa akan masuk secara bergiliran setiap dua hari...
Ilustrasi

Sumatera Selatan Diguncang Gempa 5 SR

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 12 Juli 2020, 14:33 WIB
Gempa bumi tersebut terletak pada 5.05 lintang selatan (LS) dan 102.52 bujur timur (BJ) di Sumatera Selatan dengan kedalaman sebesar 10...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya