Rabu 12 Februari 2020, 16:32 WIB

Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran dari Kroasia

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran dari Kroasia

Antara/Fakhri Hermansyah
Suasana toko olahraga pasca kebakaran di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta membeli satu mobil robot pemadam kebakaran berjenis Dok-Ing MVF- U3. Pembelian alat yang berasal dari Kroasia itu masuk dalam anggaran belanja tahun 2019.3

"Operatornya tanpa personel. Bisa dioperasikan menggunakan remote dari jauh. Ini juga antisipasi untuk MRT. Karena enggak mungkin mobil kami  masuk ke dalam terowongan. Ini juga bisa dioperasikan dari jarak jauh untuk safety anggota," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, saat dikonfirmasi, Rabu (12/1).

Selain untuk antisipasi kebakaran di Moda Raya Terpadu (MRT), alat itu juga dimanfaatkan untuk Lintas Rel Terpadu (LRT). Alat pengurai material kebakaran dibeli seharga Rp 37,4 miliar. Satu unit robot memiliki daya semprot yang jangkauannya hingga 80 meter.

Baca juga: Fraksi PSI Kritisi Anggaran Damkar DKI yang Membengkak

"Jadi personel tidak perlu sampai masuk ke dalam. Cukup dari jarak jauh dia bisa mengontrol yang namanya penyemprotan ini," jelas Satriadi.

"Di dalam mobil itu ada 2-3 robotik. Terus ada peralatan rescue lainnya. Jadi mobilnya ada ada, robotiknya harganya ada, peralatan rescue-nya ada. Jadi memang mahal kalau bicara satu paket," tambahnya.

Robot pemadam kebakaran tersebut tidak hanya digunakan untuk mengatasi kebakaran rumah atau jalur MRT, namun bisa juga digunakan ketika terjadi teror bom.

"Pemanfaatan banyak banget, mengurangi risiko petugas di TKP. Kan kalau dia masuk ke zona-zona yang ada (kandungan berbahaya) zat kimia atau bahkan bom, bisa melindungi personel. Yang berisiko seperti itu kami gunakan," tandas Satriadi.(OL-11)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

ANTARA

Satu Keluarga Ditemukan Tewas Terbakar

👤MI 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:20 WIB
KEBAKARAN menewaskan lima orang dalam satu keluarga di Perumahan Bumi Permai Sentosa, Blok 7 Nomor 41, Kampung...
MI/Susanto

Resepsi Mungkin Direstui

👤MI 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:10 WIB
WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Kamis (22/10) malam menghadiri undangan simulasi penyelenggaraan resepsi...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

622 Ribu Kendaraan Diprediksi Keluar Jakarta Saat Libur Panjang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 22:24 WIB
Distribusi lalu lintas mudik diperkirakan yang akan ke arah Barat dari Jakarta sebesar 28,3%, lalu 23,5% ke arah selatan atau lokal, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya