Rabu 12 Februari 2020, 14:54 WIB

Amankan Aset Negara, Kejari Depok Jalin Kerja Sama Dengan BPN

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Amankan Aset Negara, Kejari Depok Jalin Kerja Sama Dengan BPN

MI/Kisar Rajagukguk
Kajari Kota Depok Yudi Triadi dan Kepala BPN Kota Depok Yoyon Sonjaya

 

KEPALA Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Depok Yudi Triadi dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Yoyon Sonjaya meneken nota kesepahaman (MoU). Penandatanganan kerja sama initerkait penegakan hukum dan pemulihan aset pertanahan seta tata ruang Kota Depok.

"MoU kerja sama dua lembaga tersebut maksud dan tujuannya mengoptimalisasikan koordinasi kejaksaan dengan BPN," ujar Yudi seusai MoU, Rabu (12/2).

Selain mendukung upaya penegakan hukum, jelas Yudi, kerja sama ini  juga sebagai pedoman dalam mengoptimalkan koordinasi untuk mengefektifkan pelaksanaan tugas dan fungsi antar kedua lembaga tersebut (Kejaksaan dan BPN).

"Inti dari tujuan kerjasama (MoU) ini adalah untuk penegakan hukum dan pemulihan aset di bidang pertanahan dan tata ruang tersebut, nantinya ditindaklanjuti melalui perjanjian kerjasama pada bidang pembinaan, bidang intelijen serta bidang perdata dan tata usaha negara," paparnya.

MoU yang diteken oleh  Yudi dan Yoyon merupakan  tindaklanjut dari instruksi Jaksa Agung ST Burhanuddin dengan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Kepala BNN Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil di Jakarta  21 Januari 2020 silam.

Landasan penandatanganan MoU diatas adalah Undang-Undang (UU) Nomor: 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Dalam UU Nomor: 16 Tahun 2004 dijelaskan,  kejaksaan dengan surat kuasa khusus (SKK) bisa dapat bertindak baik di dalam dan luar pengadilan untuk dan atas nama negara dan pemerintah.

Yudi melanjutkan dalam pemulihan maupun penyelamatan terhadap aset-aset negara sifatnya ada dua yaitu non-litigasi dan litigasi.

"Jadi, pihak BPN Kota Depok jangan ragu untuk meminta bantuan kepada kami. Apalagi ini merupakan tindak lanjut dari MoU Jaksa Agung dengan Menteri ATR/BPN," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dinilai Represif, Polri: Kami Juga Diajarkan HAM

👤Yakub Pryatama 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 09:55 WIB
Awi pun menceritakan kisahnya yang sempat didampingi dalam pengajaran HAM oleh salah seorang dosen dari Universitas Hasanuddin Makassar...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Soal Sanksi Perda Covid, Fraksi PKS Minta Warga Tunggu Pergub

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 08:47 WIB
Sebagian publik menilai ancaman hukumannya terlalu tinggi, sementara vaksin untuk covid-19 dinilai masih dalam tahap...
ANTARA/HO-Damkar Jaktim

Bus Jakarta-Wonigiri Terbakar di Tol Jagorawi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 08:32 WIB
Bus bernomor polisi AD 1422 EF milik Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya itu terbakar di jalur lambat arah Bogor, Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya