Rabu 12 Februari 2020, 14:42 WIB

Pemerintah Ingin Ibu Kota Baru Jadi seperti Manhattan

Hilda Julaika | Ekonomi
 Pemerintah Ingin Ibu Kota Baru Jadi seperti Manhattan

MI/M Irfan
Pemenang Maket Ibu Kota Baru, di Gedung Auditorium PUPR, Jakarta, Senin (23/12).

 

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengutarakan pihaknya ingin Ibu Kota Negara (IKN) baru bisa jadi kota modern sekaligus trendsetter.

Rudy menyebut IKN akan mirip dengan Kota Manhattan, negara bagian di Amerika Serikat. “Ini konsepnya yang seperti Manhattan. Nanti blok-blok seperti ini untuk pengembangan kotanya. Tapi paling tidak 50% harus ruang terbuka hijau (RTH)," tuturnya di Kementerian PPN/Bappenas, Selasa (11/2).

Berdasarkan data perencanaan pembangunan IKN dari Bappenas, total lahan kawasan IKN seluas 256.142,74 hektare (Ha). Sementara itu, kawasan intinya direncanakan akan dibangun di atas lahan seluas 56.189,87 Ha.

“Kita tentunya ingin kota yang modern, menjadi trendsetter. Kita pun ingin memastikan penerapan forest city. Jadi di daerah yang 56.000 Ha yang saya bilang seperti Manhattan kecil, itu paling tidak 50% itu tetap sebagai ruang terbuka hijau (RTH),"ujarnya.

Meski ingin menjadikan kota yang modern, Bappenas tetap berupaya menjaga penerapan kota hutan (forest city). Skema yang akan diterapkan yakni, kawasan pusat kota yang sebesar 56.000 Ha akan terdapat RTH sebanyak 50%.

Sementara itu, untuk kawasan lainnya yang seluas 256.000 Ha diharapkan tetap memiliki RTH antara 70%-75%.

“Forest city ini untuk mengurangi climact change. Jadi 256 ribu, di atas 50% masih RTH harapannya 70%-75%,” tegasnya. (E-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More