Selasa 11 Februari 2020, 21:58 WIB

Stadion Jakabaring Calon Kuat Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Stadion Jakabaring Calon Kuat Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Dok. PSSI
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau Stadion Jakabaring

 

STADION Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang dipertimbangkan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam kunjungannya ke Palembang, Selasa (11/2).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan Stadion Jakabaring menjadi pertimbangan karena telah menjadi tuan rumah berbagai ajang olahraga internasional.

Beberapa event yang pernah digelar di Jakabaring, antara lain tuan rumah PON 2004, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013, ASEAN University Games 2014 dan Asian Games 2018.

Khusus untuk sepakbola, Jakabaring menjadi tuan rumah bersama Jakarta dalam gelaran AFC Cup 2010, Liga Champions Asia, Frenz U-18 Internasional Cup 2015, AFF U-16 putri 2018, sepakbola putri Asian Games 2018, dan lain-lain.

“Palembang punya banyak pengalaman, tapi ini masih harus ditunjang faktor lain, seperti sinergi pusat dan daerah serta keseriusan pemerintah daerah dalam mempersiapkan masing-masing venue,” kata Iwan.

Baca juga : Marko Simic Menggila, Persija Raih Kemenangan Kontra Persela

Stadion Utama Jakabaring dinilai sudah memenuhi syarat, seperi kursi penonton yang sudah single seat dan kualitas rumput zoysia matrella yang sudah sangat memadai.

Namun, masih ada beberapa catatan yang harus diperbaiki jika Jakabaring dipilih menjadi tuan rumah. Penentuan enam kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 akan diputuskan FIFA dan PSSI, April mendatang.

“Secara umum, perlu perbaikan di lapangan penunjang, misalnya ukuran dan posisi lapangan harus standar, serta lampu dan kelengkapan kamar ganti maupun ruangan konferensi pers,” kata Iriawan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengaku siap menjadi tuan rumah.

Menurutnya, dengan pengalaman menggelar event internasional menjadi nilai lebih Piala Dunia U-20 bisa digelar di Palembang. Ia juga mengaku siap memenuhi persyaratan yang diminta FIFA dan PSSI.

“Sebagai gubernur, saya menyatakan bahwa Sumatera Selatan siap berkomitmen menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Pemprov Sumsel siap bekerjasama memenuhi semua persyaratan yang diminta FIFA dan PSSI,” tegas Herman. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Icardi Bakal Akhiri Kontrak dengan PSG

👤Antara 🕔Jumat 03 April 2020, 16:24 WIB
Mauro Icardi ingin kembali ke...
AFP

Barcelona Inginkan Neymar

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 03 April 2020, 07:50 WIB
Ancaman krisis finansial akibat pandemi Covid-19 tidak membuat perburuan pemain-pemain bintang...
AFP

Infantino: Sepak Bola Pascapandemi Lebih Manusiawi

👤Antara 🕔Jumat 03 April 2020, 06:58 WIB
Presiden  FIFA Gianni Infantino menyebutkan pascapandemi korona, sepak bola lebih manusiawi, inklusif dan klub akan mementingkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya