Selasa 11 Februari 2020, 20:45 WIB

Proyek Infrastruktur di Timur Jakarta Dorong Sektor Properti

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Proyek Infrastruktur di Timur Jakarta Dorong Sektor Properti

Dok. Adhi Commuter Properti
Maket Pengembangan LRT City-Green Avenue di koridor timur Jakarta

 

SEKTOR properti Indonesia masih sangat berpotensi untuk terus berkembang. Khususnya di wilayah dengan pengembangan infastruktur yang massif.

Riset Savills Indonesia memaparkan bahwa sekirannya perkembangan infrastruktur akan menaikkan nilai properti mencapai 30 persen dan  kan terus naik seiring progresnya.

Area yang memiliki potensi tersebut terdapat di wilayah koridor timur dari ibukota Jakarta yang mencakup Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan sekitarnya.

Setidaknya terdapat 10 proyek infrastruktur di koridor timur yang sudah berjalan yakni, double-double track kereta Manggarai-Cikarang, proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT), jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan, JORR 2 Cimanggis-Cibitung, kereta cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, Bandara Karawang, Kawasan Ekonomi Khusus Bekasi-Karawang, Purwakarta, (Bekapur), rencana MRT tahap III Balaraja-Cikarang, hingga jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek yang sudah mulai beroperasi sejak Desember 2019 lalu.

Menurut Pengamat Properti dan CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda, perkembangan wilayah koridor timur berhasil menarik perhatian.

Baca juga ; Kawasan Komersial Arcadia Grande Sambut Perbaikan Ekonomi

Situasi ini difaktorkan oleh masifnya pengembangan proyek infrastruktur yang didukung dengan basis ekonomi yang kuat karena wilayahnya beroperasi aktif sebagai kawasan industri.

Sebagai contoh yakni berbagai industri besar seperti MM 2100, Jababeka, Delta Silicon, dan Delta Mas.

Hal itu juga diperkuat dengan data Badan Pusat Statistik bahwa area Cikarang menyumbang 34,45 persen penanaman modal asing secara nasional dengan volume ekspor dari kawasan tersebut mencapai 45 persen.

“Infrastruktur yang terus dibenahi, basis ekonomi kuat dengan kawasan industri terbesar bahkan se-ASEAN, di sisi lain harga tanah di wilayah ini range-nya relatif lebih rendah berkisar Rp5 juta-Rp12 juta/m2, bandingkan dengan di koridor barat yang sudah mencapai Rp9 juta-Rp17 juta/m2. Melihat fakta-fakta ini koridor timur menjadi area yang sangat potensial untuk menjadi pendorong sektor properti secara nasional,” jelas Ali dalam keterangan tertulisnya.

Salah satu proyek pengembangan kawasan yang merespon situasi tersebut adalah LRT Bekasi-Green Avenue yang berlokasi di Jalan HM Joyomartono, Exit Tol Bekasi Timur No Km. 16.

Proyek itu merupakan hasil pengembangan PT Adhi Commuter Properti, anak usaha BUMN PT Adhi Karya.

Baca juga : Indeks Properti Bandung Tinggi, Indostar Garap Allegria

Dengan mengangkat brand LRT City, Green Avenue sebagai salah satu proyek yang dikembangkan turut mengusung konsep hunian berbasis transportasi masal atau menereapkan pendekatan transit oriented development (TOD) seperti di kota-kota besar lainnya.

Dengan pengembangan proyek infrastruktur yang masif dengan konsep hunian TOD, LRT City hadir untuk memberikan kenyamanan hunian dan kepastian waktu tempuh dengan menggunakan sarana transportasi masal LRT yang saat ini pembangunannya sedang berlangsung dan diperkirakan beroperasi pada tahun 2021.

Dibangun di atas lahan seluas 1,9 Ha, LRT City Bekasi-Green Avenue terdiri dari 3 tower apartemen. Memiliki Keunggulan berlokasi strategis yang hanya berjarak 30 meter dari transportasi LRT, Green Avenue juga berdiri tepat di seberang Exit Tol Bekasi Timur, dan disediakan titik pool Bus TransJakarta untuk menunjang konsep TOD.

Sarana penunjang lifestyle juga turut dihadirkan seperti ruang terbuka hijau, pusat perbelanjaan, Co-Working Space, Aqua Gym, Swimming Pool, dan fasilitas pendukung menarik lainnya sebagai solusi kehidupan masyarakat Urban.

Selain Green Avenue, PT. Adhi Commuter Properti juga mempunyai proyek lain di sepanjang jalur LRT Jabodebek, KRL, dan busway, diantaranya adalah LRT City Bekasi-Eastern Green (Bekasi), LRT City Sentul-Royal Sentul Park (Bogor), LRT City Jatibening Baru-Gateway Park (Bekasi), LRT City Jakarta-Urban Signature (Jakarta Timur), Cisauk Point–Member of LRT City (Cisauk), LRT City MT Haryono-MTH 27 Office Suites & The Premiere MTH (MT Haryono), Rivia, Adhi City Sentul, serta Grand Central Bogor. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More