Rabu 12 Februari 2020, 03:55 WIB

Kandidat Capres Berburu Suara

Nur Aivanni | Internasional
Kandidat Capres Berburu Suara

AFP
Kandidat calon Presiden AS dari Partai Demokrat Bernie Sanders

 

PARA kandidat calon presiden AS dari Partai Demokrat kemarin berebut suara warga di negara bagian New Hampshire. Bernie Sanders dan Pete Buttigieg berjuang menempati posisi terdepan agar bisa melawan Donald Trump dalam pemilihan presidenAS  November mendatang.

New Hampshire menjadi tuan rumah pemilihan pendahuluan pertama, delapan hari setelah Kaukus Iowa digelar pada pekan lalu.
Dalam Kaukus Iowa, mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete But­tigieg, unggul tipis dari Bernie San­ders.

Keberhasilan Buttigieg tersebut telah memicu kritikan dari para pesaingnya karena ia dianggap curang. Pada akhir pekan, Joe Biden misalnya membagikan video yang mengejek rekam jejak Buttigieg semasa di South Bend.

Video itu mengklaim Buttigieg telah memecat seorang kepala polisi berkulit hitam dan memaksa keluar seorang kepala petugas pemadam kebakaran berkulit hitam semasa menjabat sebagai walikota.

Senator Massachusetts, Elizabeth Warren, juga menyerang Buttigieg yang pernah menjadi konsultan manajemen McKinsey. Ia menyebut Buttigieg mendapat dukungan dari orang-orang kaya.

Buttigieg telah mengumpukan dana kampanyenya sebesar US$75 juta. Bernie Sanders mengumpulkan US$ 107 juta dan Warren US$81 juta.

Pemilihan di New Hampshire sendiri diperkirakan berlangsung sengit. Pasalnya, orang-orang yang bukan dari partai, yang jumlahnya melebihi pendukung Demokrat dan Republik di negara bagian tersebut, diizinkan untuk memilih dalam kedua pemilihan pendahuluan yang digelar Demokrat maupun Republik.

Sanders kali ini berjanji kepada pendukungnya akan mengurangi kesenjangan dan merombak sistem perawatan kesehatan AS.  Dalam kampanye tersebut, posisi Sanders semakin meningkat, khususnya di kalangan pemilih muda.

“Kami tidak benar-benar memiliki banyak politik sayap kiri di negara ini. Bernie merevitalisasi hal tersebut,” kata Alex Pomerantz, 29, seorang manajer data dari New York yang datang ke New Hampshire untuk Bernie.

Rata-rata polling RealClearPolitics menunjukkan Sanders akan meraih 28,8% di New Hampshire, disusul Buttigieg dengan 22,3%.

Sementara itu, dalam jajak pendapat baru Universitas Quinnipiac menunjukkan posisi Sanders (25%) menyalip posisi Biden (17%). Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan Michael Bloomberg melonjak dukungannya (15%).


Dana Trump

Kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan partainya berhasil mengumpulkan dana US$1 juta per hari secara daring selama 10 hari sebelum pembebasannya dari sidang pemakzulan.

Ketua Partai Republik Ronna McDaniel mengatakan bahwa total dana yang terkumpul dalam kurun waktu tersebut mencapai US$17 juta.

Berita mengenai penggalangan dana datang pada malam pemilihan pendahuluan di New Hampshire. Mcdaniel mengatakan bahwa sidang pemakzulan telah memicu dukungan yang lebih besar terhadap Trump.

“Kami sudah memiliki 500 ribu sukarelawan yang dilatih dan digerakkan. Tipuan Demokrat membantu kami meningkatkan pasukan di akar rumput lebih banyak lagi,” cuitnya di Twitter.

Sebelumnya, Komite Nasional Republik mengatakan berhasil mengumpulkan US$ 117 juta secara daring sejak 24 September 2019 ketika Ketua DPR Nancy Pelosi pertama kali mengajukan proses pemakzulan terhadap Trump. (AFP/BBC/X-11)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More