Selasa 11 Februari 2020, 20:28 WIB

UNS Masuk Lima Besar Kampus Terbaik Nasional

Retno Hemawati | Humaniora
UNS Masuk Lima Besar Kampus Terbaik Nasional

ilustrasi - Tim Dokter Departemen Bedah akultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menunjukkan penyaring udara portabel Surgeons of UNS (SUNS).
ANTARA FOTO/Maulana Surya

 

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) Surakarta masuk ke dalam lima besar kampus terbaik Nasional versi Webometrics periode Januari 2020.

"Salah satu pertimbangan masuknya UNS ke dalam lima besar kampus terbaik berdasarkan berbagai kegiatan ilmiah yang ditopang oleh proses terwujudnya tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Jawa Tengah, Selasa (11/2).

Ia mengatakan prestasi tersebut juga berdasarkan penguatan tata kelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). "Ini dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tata kelola institusional yang baik, serta mutu mahasiswa yang berprestasi," katanya.

Sebagaimana diketahui, Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol yang melakukan rilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia yang tergolong dalam World Class University (WCU).

"Di akhir bulan Januari 2020 ini kami memperoleh peringkat ke-5 secara Nasional, sedangkan secara dunia UNS di posisi 1.333. Posisi ini merupakan ranking tertinggi dalam 4 tahun terakhir bagi UNS," katanya.

Ia mengatakan peringkat tersebut meningkat dari semester 2 Tahun 2019. Sesuai peringkat Webometrics, pada saat itu UNS menduduki peringkat ke-7 secara Nasional. "Kenaikan peringkat ini membuktikan bahwa UNS juga bisa bersaing menjadi kampus yang maju dengan memanfaatkan teknologi serta punya posisi yang baik di level Nasional maupun internasional," katanya.

Sementara itu, dalam pemeringkatan tersebut, peringkat pertama diraih oleh Universitas Indonesia (UI), kedua UGM, ketiga ITB, dan keempat ITS, sedangkan UNS lebih unggul dibandingkan Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Sumatra Utara, Universitas Hasanudin, Universitas Diponegoro, Universitas Jember, dan IPB. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/John Lewar

Pembangunan di Taman Nasional Komodo Patuhi Kaidah Konservasi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 18:54 WIB
Jumlah komodo sebanyak 2.897 ekor pada 2018 telah bertambah 125 menjadi 3.022 ekor pada...
Dok BenihBaik.com

Usaha Mikro Kamojang Berdaya Bersama Pertamina untuk Bangkit

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 17:30 WIB
Usai mengikuti pelatihan, 30 usaha mikro ini akan dinyatakan lulus pelatihan untuk selanjutnya mendapat kesempatan belajar terkait citra...
Ilustrasi

Media Berperan Penting Membentuk Karakter Pemuda

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 14:53 WIB
‘’Penting sekali peran media membentuk karakter pemuda,’’ kata CEO Media Group Mirdal Akib dalam webinar daring...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya