Rabu 12 Februari 2020, 01:55 WIB

Raja Belanda akan Kunjungi Indonesia

Raja Belanda akan Kunjungi Indonesia

AFP
Raja Willem-Alexander

 

PENGUASA Kerajaan Belanda, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo pada 10-13 Maret.

Menurut siaran pers Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Raja dan Ratu yang ditemani Menteri Luar Negeri Stef Blok akan mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, serta beberapa kota di Kalimantan dan Sumatra. "Kunjungan kenegaraan menegaskan hubungan dekat dan luas, serta akan diarahkan ke kerja sama di masa depan," kata Kedubes Belanda.

Program ini akan terfokus pada ekonomi, konservasi alam, budaya, ilmu pengetahuan, dan ikatan yang ada antara masyarakat Indonesia dan Belanda.

Menteri Perdagangan dan Pembangunan Luar Negeri Sigrid Kaag, Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Cora van Nieuwenhuizen, Menteri Perawatan Medis dan Olahraga Bruno Bruins, serta Menteri Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Carola Schouten juga akan memimpin misi perdagangan paralel ke Indonesia.

"Tujuannya untuk mengapitalisasi potensi kemitraan ekonomi di bidang pertanian, kesehatan, perlindungan pantai dan industri maritim, serta ekonomi sirkuler," ungkap pernyataan itu.

Raja dan Ratu akan menghadiri kegiatan penandatanganan berbagai perjanjian kemitraan antara bisnis Indonesia dan Belanda. Mereka juga akan mengambil bagian dalam diskusi tentang peluang dan tantangan bagi bisnis Belanda di Indonesia.

Sementara itu, di Yogyakarta, mereka akan bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono lalu berkunjung ke UGM dengan fokus pada kemitraan ilmiah dan akademik. Mereka akan berbicara dengan pemimpin agama tentang upaya mempromosikan toleransi beragama.

Di Kalimantan, mereka akan mengunjungi pusat penelitian di tengah hutan rawa gambut dan diberikan tur proyek yang berkaitan dengan pengelolaan air dan reboisasi serta berkontribusi pada pelestarian habitat orang utan. Raja dan Ratu juga akan mengunjungi pertanian model Dayak dan berbicara dengan petani tentang membuat rantai pasokan minyak sawit lebih berkelanjutan.

Terakhir, mereka akan meninjau Danau Toba dengan fokus pada ekowisata dan kualitas air. (Hym/X-11)

 

Baca Juga

AFP

Kabar Buruk, Tingkat Radiasi di Sekitar Chernobyl Melonjak

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 April 2020, 12:58 WIB
"Ada kabar buruk, radiasi di atas normal di pusat kebakaran," kata Yegor Firsov, kepala layanan inspeksi ekologi...
AFP/JOSEP LAGO

Restoran yang Tutup di Spanyol Kirim Makanan bagi Petugas Medis

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 April 2020, 12:20 WIB
Beberapa restoran dan bar di Barcelona yang sudah tutup karena pandemi covid-19 terlibat dalam gerakan solidaritas untuk memasak hamburger,...
AFP/Enrique Ortiz

Miris, Jasad Korban Covid-19 Tergeletak di Jalanan Ekuador

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 06 April 2020, 11:31 WIB
Pemerintah Ekuador pun meminta maaf atas situasi yang memprihatinkan di tengah pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya