Rabu 12 Februari 2020, 00:15 WIB

Taika Waititi Oscar untuk Anak Pribumi

Atalya Puspa | Hiburan
Taika Waititi Oscar untuk Anak Pribumi

AFP
Sutradara Taika Waititi

 

SUTRADARA Taika Waititi, 44, menerima anugerah Oscar 2020 kategori best adapted screenplay (film adaptasi terbaik) untuk film Jojo Rabbit dalam acara Academy Awards yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (9/2) waktu setempat. Waititi yang berkebangsaan Selandia Baru ialah pria keturunan Maori pertama yang mendapatkan Oscar. Ayah Waititi berasal dari Te Whanau a Apanui, sebuah suku di Maori.

Setalah diumumkan menjadi pemenang, Waititi mengungkapkan rasa terima kasih kepada ibunya, Robin Cohen. "Aku berterima kasih pada ibuku karena telah memberiku buku yang menjadi dasar film Jojo Rabbit," ujar Waititi. "Ini terlalu ringan, padahal seharusnya ini berat," canda Waititi sambil memegang Piala Oscar.

Dalam film Jojo Rabbit, Waititi menulis, bermain, sekaligus menjadi sutradara. "Aku mendedikasikan Oscar ini untuk semua anak pribumi yang ingin berkesenian, menari, dan menulis cerita," terang Waititi dalam pidato kemenangannya. "Kami pendongeng dan kami berhasil membawanya ke panggung ini," ujarnya sambil mengangkat trofi.

Kemenangan Waititi juga mengundang Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengucapkan selamat baginya. "Saya tahu kita semua bangga kepadanya. Saya bukang penggemar film, tapi saya melihat film itu (Jojo Rabbit), dan tidak banyak orang yang dapat menghasilkan film yang mengagumkan seperti itu," ujar Ardern.

Christine Leunens, pengarang novel yang diadaptasi Waititi, mengungkapkan banyak hal dalam film tersebut yang harus dibahas lebih lama. "Saya pikir Taika mengambil pesan dari cerita, dia menggabungkannya dengan humor dan menyajikannya kepada penonton kontemporer sehingga menghasilkan pesan yang relevan bagi masa kini," kata Leunens tentang interpretasi Waititi atas novelnya, seperti dilansir The Guardian.

Film Jojo Rabbit berkisah tentang seorang anak lelaki bernama Jojo yang dibesarkan di lingkungan Nazi, Jerman, pada Perang Dunia II. Saat dewasa, Jojo menghabiskan waktunya untuk berlatih perang dan berbincang dengan teman khayalannya, Adolf Hitler, yang diperankan Waititi.

Viral

Bukan kemenangan Waititi yang membuatnya viral di antara warganet, melainkan caranya menyimpan Piala Oscar. Setelah turun dari panggung, terlihat ia kebingungan meletakkan piala tersebut. Alhasil, dengan wajah polos ia membungkuk meletakkan Piala Oscar di bawah kursi penonton yang ada di depannya.

Tingkah laku pria kelahiran 16 Agustus 1975 tersebut terekam oleh kamera aktris Brie Larson yang tertawa melihat kelakuannya.

Video tersebut menjadi viral dan menarik perhatian warganet yang mengomentari aksi Taika.

Jojo Rabbit hanya mendapat satu Oscar dari enam nominasi dalam Oscar 2020, yakni aktris pendukung terbaik, edit film, film adaptasi terbaik, desain kostum, desain produksi, dan film terbaik.

Oscar 2020 bukanlah gelaran baru bagi Waititi. Sutradara Thor: Ragnarok tersebut pernah masuk nominasi melalui film pendek Two Cars, One Night pada 2005.

Jojo Rabbit juga mendapatkan penghargaan BAFTA Awards 2020 untuk kategori film adaptasi terbaik dan AACTA International Awards untuk film terbaik.

Saat ini Waititi juga sedang menggarap sekuel ke-4 Thor: Love and Thunder. Sebelumnya ia mengumumkan penambahan Chris Hemsworth, sedangkan Natalie Portman akan kembali memerankan Lady Thor. Selain itu, Christian Bale akan bergabung menjadi tokoh antagonis.

Kepiawaian Waititi juga memunculkan isu pihak Lucas Film mendekatinya untuk menyutradarai Star Wars. "Dengar, apa artinya 'mendekati'? Aku pernah melihat Star Wars, hanya sampai sejauh itu saja," jelas Waititi. (H-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More