Selasa 11 Februari 2020, 22:35 WIB

Mari Prediksi Ekonomi Tumbuh 5%

MI | Ekonomi
Mari Prediksi Ekonomi Tumbuh 5%

ANTARA
Mari Elka Pangestu

 

MARI Elka Pangestu yang baru terpilih sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia, memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2020 masih bergerak di kisaran 5,0%, meski tekanan ekonomi global meningkat karena meluasnya wabah virus korona.

“Saya rasa, kita harapkan pertumbuhan ekonomi di 5% ya,” kata Mari usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2).

Ia mengungkapkan, terdapat kemungkinan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2020 di bawah 5,0%. Namun peluang untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,0% masih terbuka jika pemerintah mampu memberi stimulus untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Sebenarnya di bawah atau di atas 5% buat saya bedanya tidak besar, yang penting kita harus merasa beruntung, bisa mempertahankan stabil di 5% itu sudah sangat baik saat situasi dunia seperti ini,” ujarnya.

Di kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kementerian Perdagangan Kasan mengatakan, pertumbuhan ekonomi tahun ini diprediksi akan mengalami perlambatan sekitar 0,23%, menyusul perkiraan penurunan ekonomi Tiongkok sebesar 1% sebagai dampak wabah virus korona.

Prediksi Kemendag tersebut lebih rendah dari Bank Dunia yang memperkirakan penurunan ekonomi Indonesia sekitar 0,3%.

“Perhitungan tim saya, bukan 0,3%. Setiap 1% GDP (gross domestic product) Tiongkok, penurunannya di Indonesia 0,23%. Bukan menghibur, tapi berdasarkan fakta-fakta yang kami temukan secara ilmiah,” kata Kasan di Jakarta, Selasa (11/2).

Dengan demikian, lanjutnya, jika pertumbuhan ekonomi Tiongkok turun dari 6% menjadi 5%, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dipatok 5,3% tahun ini juga akan terkoreksi. (Ant/E-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More