Selasa 11 Februari 2020, 18:01 WIB

Sepanjang 2020, 48 Kegiatan Digelar di Pariaman

Yose Hendra | Nusantara
Sepanjang 2020, 48 Kegiatan Digelar di Pariaman

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Pemuda Nagari Subarang menyelesaikan pembuatan Tabuik, di Pariaman, Sumatera Barat.

 

KOTA Pariaman, Sumatra Barat, akan menggelar 48 event selama Tahun 2020. Event perdana Kota Pariaman akan diadakan pada bulan Maret 2020, dimana akan menampilkan Tari Indang tradisional Pariaman.

Tari Indang akan ditampilkan pada ajang Rapat Kerja Wilayah I Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesias (Rakerwil I APEKSI), dimana Kota Pariaman menjadi tuan rumah. "Berkaca pada penampilan Gandang Tambua Tasa di Puncak Hari Nusantara yang mencatatkan Rekor MURI, Tari Indang tradisional ini juga rencana akan pecahkan Rekor MURI dengan keterlibatan 1000 pelajar dari Kota Pariaman," ujar Walikota Pariaman Genius Umar, Selasa (11/2).

Di bulan April ada Tour de Pariaman, dimana Kota Pariaman akan menggelar dua event, yaitu Pariaman Offroad pada tanggal 10-12 April dan Eco Cycling pada tanggal 17-19 April.

"Untuk Bulan Mei akan ada 7 (tujuh) event yang kita beri judul Gandorial Art Festival, dengan agenda event Pariaman Kite (layang-layang)
Internasional, Story Telling Puti Gandoriah (Video Singkat), Teatrikal Puti Gandoriah (Seni Peran), Bilingual Tourist Guiding Competition,
Lomba Permainan Olahraga Tradisional, Gandoriah Funny Walk dan  Gandoriah 3D Art," tuturnya.

Bulan Juni digelar 5 event yang kita beri judul Pariaman Internasional Music Festival (PIMFEST), dengan eventnya berupa Pariaman Reggae
Festival, Pariaman Ethnik Music Festival, Piamannyanyi (Pariamanidol), Cik Uniang Cik Ajo (CUCA) Kota Pariaman, dan satu event olahraga yaitu taekwondo.

Lebih lanjut ia juga mengatakan pada Juli dengan judul Piaman Food Festival, akan diselenggarakan 5 event, antara lain Fish Food
Competition, Festival Sala, Festival Sate, Pariaman Expo dalam rangka HUT Kota Pariaman dan pertandingan Tenis Executive dan kelompok umur tingkat nasional.

Untuk bulan Agustus dengan judul Festival Tabuik Piaman dan HUT RI, Kota Pariaman akan menggelar 9 event, antara lain Tabligh Akbar dan Pawai 1 Muharram, Prosesi Hoyak Tabuik Piaman dan Seminar, Festival Tahfidz Qur'an (untuk SD-SMP), Festival 1000 Gandang Tasa, Pameran Tabuik,

Performativity Tabuik, Festival Didikan Subuh dan Kejuaraan Mister Indonesia tingkat Nasional. "Bulan September ada Pariaman International Run, dengan 5 event yang dibuat, yaitu Pariaman Tourism Internasional RUN 24K, Lomba lari 10K dan 5K, Pariaman Internasional Triathlon, Lomba Sepatu Roda (Nasional dan Asia Pasific) dan Kejuaraan Skateboard Tingkat Nasional," tambahnya.

Pada bulan Oktober akan ada Vlogger Summer Camp dengan 5 agenda event, berupa Green Community Festifal, Asia Pasific Youth Jambore, Pariaman Mencari Bakat, Kejuaraan Panjang Tebing Tingkat Nasional, Parade Drumband Nasinoal dan Festival Baruak (Beruk).

"Terakhir di Bulan November dengan judul Back To Nature, kita akan helat 3 buah event, yaitu Beac Football, Festival Batang Manggau (selaju sampan, arung jeram, kayak dan barakik memakai batang pisang) dan Trail Adventure," pungkasnya. (OL-12)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More