Selasa 11 Februari 2020, 17:57 WIB

Pele Depresi karena Penyakitnya

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Pele Depresi karena Penyakitnya

AFP
Pele

 

LEGENDA sepak bola Brasil, Pele (79) merasa depresi karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Pemain yang meraih tiga trofi Piala Dunia ini sampai tidak mau keluar rumah, karena malu kondisinya tak sebaik dulu. Pele memang sudah dimakan usia dan sering keluar masuk meja operasi.

”Bayangkan, dia adalah ’raja’ dan sekarang tidak bisa berjalan. Dia sangat malu soal itu,” kata anak Pele, Edinho.

Pada April 2019, Pele sukses menjalani operasi pengangkatan batu ginjal di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil. Sebelumnya, ia juga pernah dirawat karena menderita infeksi saluran air kencing di sebuah rumah sakit di Paris, Perancis. Selain itu, Pele juga pernah dioperasi penggantian pinggul (hip replacement).

Edinho menceritakan sang ayah juga tidak melalui rehabilitasi yang ideal, sehingga Pele lebih kerap menghabiskan diri dengan duduk di kursi roda. Dengan kondisi itu, Pele kerap merasa depresi dan takut untuk beraktivitas di luar rumah.

"Dia sangat rapuh. Dia telah melalui operasi penggantian pinggul dan tidak memiliki rehabilitasi yang memadai atau ideal. Jadi dia memiliki masalah dengan mobilitas dan ini telah memicu semacam depresi," kata Edinho. (bbc/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More